Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Yayasan Rumah Pulih Jiwa di Kp Pasir Gudang RT 01/07 Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, terus disibukan dengan mengurus pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Karena hampir tiap hari menerima dititipi ODGJ yang datang dari berbagai daerah.

Seperti halnya, pada Minggu (19/07) sekira pukul 19.30 WIB, telah mengevakuasi  Hasanah (55) ODGJ dari rumah keluarganya di Kp Kertamulya Desa Mekargalih Ciranjang. Hingga sekarang  jumlah ODGJ yang sedang dirawat di Yayasan Rumah Pulih Jiwa sebanyak 16 orang. Mereka datang dari berbagai daerah yang ada di Jawa Barat.

Salah seorang pemilik Yayan Rumah Pulih Jiwa Endan Rahmat Safari mengatakan, Yayasan Rumah Pulih Jiwa bergerak dalam sosial kemanusiaan. Diantaranya peduli terhadap masyarakat yang mengalami gangguan kejiwaan, ODGJ atau disabilitas.

Endan menyebutkan, kerja sosial kemanusian merawat ODGJ itu bukan hal yang mudah.  Tapi harus memiliki keahliaan dan keterampilan yang khusus. Ulet, tekun dan sabar. Hingga setiap pasien ODGJ diperlakukan seperti saudara kandung sendiri. Tidak adanya klasifikasi tahta atau keturunan. “ Seluruhnya dilayani dan perlaku sama,” jelas Endan Rahmat Safari.

Sementara itu, pengurus Bidang Penanganan Pasien, Verawati Lukman mengatakan, dirinya menangani ODGJ sudah cukup lama. Hasilnya, alhamdulillah sudah banyak yang sembuh seperti semula.  Jumlah pasien ODGJ tiap bulannya tidak menentu, karena saling berganti.

Seperti sekarang jumlah ODGJ yang sedang ditangani sebanyak 16 orang. Menurut dia, pekan ini akan dipulangkan sebanyak 6 orang. Karena dianggap sudah sembuh. Tapi seluruh pasien yang sudah dianggap sembuh bila pulang ke rumah diharapkan pihak keluarga jangan mengucilkan. “ Beri harapan hidup kedepan, beri semangat untuk sembuh total dan ikuti petunjuk pihak Yayasan Rumah Pulih Jiwa,” tutur Verawati.  pada awak media, Senin (20/07).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here