Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, mengadakan Pemilihan Ketua RT/RW (Pilkate) Serentak, Minggu (31/01-2021). Sebanyak 35 Ketua RT dan 10 Ketua RW se Desa Haurwangi akan dipilih oleh warga setempat. Hebatnya lagi, masyarakat nampak antusias menyambut pelaksanaan Pilkate tersebut. Terbukti, pelaksanaannya nampak lebih hangat dibanding Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). .

Informasi yang dapat dihimpun,  pada pelaksanaan Pilkate Desa Haurwangi, seluruh Calon Ketua RT dan Calon Ketua RW selain berani membayar uang pendaftaran yang cukup signifikan. Yakni mulai dari Rp. 200 ribu sampai dengan Rp 1 juta percalonnya.

Selain itu para  calon Ketua RTdan RW  mampu mengakomudir masyarakat untuk dijadikan tim sukses dari berbagai penjuru kampung. Selain itu, juga memasang alat kampanye seperti baligo, banner  dan spanduk calon Ketua RT/RW.

Tidak cukup sampai disitu, seluruh  masyarakat pemilih yang hadir ke TPS cukup antusias. Hingga tingkat partisipatif kehadiran cukup tinggi. Rata- rata kehadiran sebanyak 80 persen tiap TPS-nya.

Hebatnya lagi, para calon Ketua RT maupun calon Ketua RW rata-rata memiliki kemampuan didalam bidang pemerintahan.  Karena latar bekalakang pendidikannya mayoritas S1, orang-orang pergerakan dan ada pula yang berangkat dari latar belakang advokasi. Mereka tanpa sungkan, ikut andil mecalonkan dirinya sebagai salah seorang kandidat Ketua RT maupun Ketua RW.  

Melihat kenyataan tersebut, maka tak berlebihan kiranya jika ada yang mengatakan Pilkate Serentak Desa Haurwangi, lebih hangat dibanding Pilkada Bupati. Utamanya dalam pelaksanaan kampanye hingga penghitungan suara.

“ Seperti halnya Pilkate di RW 01, 02, 05 dan Pilkate di RW 08. Pelaksanaannya cukup menarik dan hangat, “ ucap Iwan (50) salah seorang tokoh masyarakat Desa Haurwangi.

Sementara itu, Kepala Desa Haurwangi H. Dede Supyanudin, SH (51) menjgatakan, dari 45 RT dan 13 RW di Desa Haurwangi yang melaksankan Pilkate Serentak itu sebanyak 35 Ketua RT dan 10 Ketua RW . Pelaksanaan pemilihannya dilaksanakan disetiap  lingkungan ke RW-an masing-masing.

Berdasarkan hasil pantauan Kades didampingi Binmas, Binsa dan BPD, ternyata pelaksanaan Pilkate tersebut, disambut antusias seluruh elemen masyarakat.  Hingga calon RT dan RW cukup banyak dan tidak sedikit para calon RT dan RW yang latar belakang pendidikannya Sarjana.  

Menurut Dede Supyanudin, hal itu menandakan Desa Haurwangi kedepannya akan lebih maju dan sejahtera,. Karena nantinya  para Ketua RT/RW akan lebih paham dan mengerti akan kemajuan desanya. “ Juga  cara berdemokrasi sudah dikatakan memahami,” ujar Kades Haurwangi Dede Supyanudin.

Dilain. Pihak, salah seorang tokoh pemuda Desa Haurwangi Endan Rahmat Safari (47) menambahkan, pelaksanaan Pilkate Serentak Desa Haurwangi, dilakukan secara demokrasi. Karena itu, mendapat sambutan antusias masyarakat. Demikian juga para calon Ketua RT/RW,  benar-benar membuat salut berbagai elemen masyarakat.

“ Hingga antusias masyarakat disetiap TPS bisa dikatakan mengalahkan pelaksanaan Pilkada, lebih sengit pelaksanaan Pilkate dibanding Pilkada,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here