Pantai Laguna Nyi Ronggeng

Liputan : Yatiman

Kebumen, metropuncaknews.com  – Kabupaten Kebumen Prov. Jawa Tengah, nampaknya kaya akan Destinasi Wisata. Apalagi kini pemerintah telah membangun Jalan Lingkar Jalur Selatan. Jalan ini membentang dari barat ke timur yang melewati permukiman di sepanjang bibir pantai selatan. Maka Tak heran jika hal tersebut menumbuhkan potensi wisata di sepanjang pantai selatan.

Salah satu diantaranya adalah Wisata Laguna Nyi Ronggeng. Lokasi wisata pantai yang indah dengan pohon cemaranya ini, tepatnya berada di Desa Tegal Retno Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah.

Pengelola Wisata Laguna Nyi Ronggeng, Arun Arosid saat dihubungi mengatakan, selain menawarkan Wisata Pantai, pihaknya juga menawarkan muaranya Kali Buntu. Yaitu sebuah tempat pertemuan antara arus sungai dengan laut.

Tak hanya itu, lanjut Arun, di Wisata Laguna Nyi Ronggeng, ada juga spot Hutan Cemara dan Hutan Bakau. Bahkan spot-spot baru terus dibangun dan dikembangkan ke arah wisata untuk jangka panjang. Diharapkan dengan adanya hal tersebut, wisatawan dapat terus menikmati spot-spot di Wisata Laguna Nyi Ronggeng.

“ Untuk ke depannya spot-spot perahu keliling muara akan di buka untuk wisatawan,” kata Arun Arosid pada awak media.

Selanjutnya pihak pengelola berharap, dengan adanya Wisata Laguna Nyi Ronggeng ini, masyarakat setempat secara bersama-sama ada rasa memiliki. Serta berperanaktif dalam menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan.

Karena nantinya jika sudah maju, semua pun bisa ikut merasakan perkembangan wisatanya. Sebab sudah pasti ketika wisatanya berkembang akan membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat sekitar.

Selain itu, pihak pengelola pun berharap bantuan dari pemerintah. Baik pemerintah pusat, provinsi mau pun pemerintah daerah. Terutama infrastruktur jalan. Yaitu jalan untuk akses masuk ke Wisata Laguna Nyi Ronggeng.

“ Karena untuk pengelolaan di wisata pantai Laguna Nyi Ronggeng saat ini masih dikelola Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) yang beranggotakan Karang Taruna dan masyarakat sekitar,” jelas Arun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here