Lembah Cikomoy masih perlu ditata apik

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Wisata Alam Lembah Cikomoy yang berlokasi di tebing Gunung Pasir Tengek, Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung, Cianjur, suasananya terlihat indah, menarik perhatian para pencinta alam.

Karena selain rimbun dengan  tanaman kayu keras dan ratusan pohon jenis buah buahan juga bisa memandang ribuan hektar pesawahan yang terlihat indah dari alun alun  lembah Cikomoy. Hingga banyak pengunjung yang berselfi ria. Karena kagum pada keindahan Lembah Cikomoy.

Tidak cukup hanya sampai disitu, para pencinta sepeda gunung sangat menyenanginya. Karena, ternyata jalan  treknya telah tersedia yang cukup  panjang juga menantang. Untuk para pengunjung dan wisatawan bisa memanjakan dirinya dengan duduk santai di saung sauang kecil yang  terbuat dari kayu dan bambu. Hingga suasanya terasa sejuk, indah dan alami.

Menurut keterangan, terbentuknya Wista Alam Lembah Cikomoy, itu berkat kepiawaian, keuletan, keterampilan  tangan Dihermawan SH. Selama kurang lebih 7 tahun, Dihermawan SH yang notabeme sebagai Kepala Desa Bojongpicung, membedah tebing hingga sekarang menjadi tempat wisata Lembah Cikomoy.

Seleteh suasanya terlihat indah dan memiliki potensi untuk dijadikan peluang bisnis, maka terbentulah Lembah Cikomoy. Atas keuletan Kades Bojongpicung, itu, dua bulan lalu Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar SH beserta  jajarannya dan langsung meresmikannya menjadi obyek wisata dengan Wana Wisata Alam  Lembah Cikomoy.

Kades Bojogpicung Dihermawan menjelaskan, membuka bukit dan tebing Pasir Tengek, mulanya hanya untuk tempat nongkrong pribadi dengan keluarga. Selain itu juga untuk menanam buah buahan, kolam ikan, saung, mushola dan bale bale untuk duduk sambil kongkow bersama teman.

Setelah itu ternyata banyak teman yang memberi spirit, masukan bahwa lahan tersebut harus ditata dengan apik. Diperlebar dan dijadikan tempat rekreasi. Maka dalam  kurun waktu kurang lebih 7 tahun, akhirnya jadilah tempat wista hingga diremikan Bupati Cianjur H Irvan Rivano Muctar.

Setelah diresmikan menjadi tempat wisata, pihaknya tertantang untuk menatanya lagi dengan serius. Karena di lokasi Wana Wisata Lembah Cikomoy, masih banyak yang belum dikelola dengan serius. Seperti diantaranya, lapangan untuk camping, jalan keluar masuk satu arah. Outbon, layang gantung/gantolle dan tempat permainan lainnya yang menarik pengunjung.

“ Namu tentu saja saja semua itu, harus kerja sama serta didukung adanya investor  yang mau menanam modal dan bekerja sama dengan pemilik dan pihak Pemkab Cianjur,” jelas  Dihermawan kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here