Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Wayang In Kacapi SMK Mitra Pasundan Kecamatan Bojongpicung, meriahkan acara Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) di Desa Neglasari Kecamatan Bojongpicung. Kesenian wayang golek In kacapi itu dipimpin dalang muda Andi Biantara As. Sedangkan para nayaga dan sindennya seluruh pelajar SMP dan SMK Mitra Pasundan.

Pagalelaran wayang In kacapi tersebut, biarpun tampil dalam waktu yang terbatas, namun cukup menghibur para penonton dan masyarakat setempat. Karena saat bodoran wayang dimainkan terlihat gelak tawa dan sorak sorai para penonton.

Pjs Kepala Desa Nerglasari Dadang Gumara menjelaskan, pagelaran Wayang In Kacapi itu bukan paket hiburan CNL. Tapi merupakan salah satu hiburan sumbangan dari SMK Mitra Pasundan Bojongpicung. Sedangkan marawis, hadroh dan qasidahan itu sumbangan dari masyarakat Desa Neglasari.  

Digelarnya Wayang Golek In Kacapi, para penontonnya sangat terhibur. Karena saat wayang bodoran dimainkan, masyarakat yang menonton terlihat gembira. Terdengar gelak tawa  dan tepuk tangan yang sangat meriah.

Tidak hanya itu saja, pesan-pesannya tersaampaikan dengan jelas dan bisa dipahami para penonton. Pada acara CNL tersebut, malam harinya masyarakat akan dihibur lagi dengan wayang golek yang dalangnya putra daerah disertai pelawak terkenal Ohang. “ Semoga semua itu bermanfaat untuk seluruh masyarakat Desa Neglasari dan warga desa lainnya,” kata Dadang Gumara.

Sementara itu, tokoh pemuda Desa Neglasari Soleh (50) menambahkan, hiburan dengan menggelar pertunjukan Wayang In Kacapi dan lainnya, sangat tepat sekali. Karena masyarakat Kecamatan Bojongpicung pencinta kesenian tradisional, seperti wayang golek.

Wayang In Kacapi itu, kesenian wayang milik SMK Mitra Pasundan. Mulai dari dalang, nayaga dan sindennya, seluruhnya pelajar Mts dan SMK Mitra Pasundan. Seluruhnya personilnya memiliki talenta, hingga saat bermain terlihat kompak, rapi dan benar sangat menghibur.

“ Dan nanti malam akan digelar pula hiburan wayang golek yang dalangnya masih putra daerah dan akan bekerjasama dengan pelawak Kondang Jawa Barat yaitu Ohang,” ucap Soleh pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here