Pemerintah Desa (Pemdes) Wangunjaya Kecamatan Campaka, Membentuk Satgas pencegahan merebaknya wabah Covid-19, Senin (1/4). Foto, Istimewa

Laporan : Zenal Mustari

CIANJUR, metropuncaknews.com- Pemerintah Desa  se-Kecamatan Campaka, dan Campakamulya bergerak cepat menyikapi surat edaran pembentukan satuan tugas (Satgas) Covid-19. Pemerintah desa langsung menggelar pertemuan dengan jajaran aparatur desa dan sejumlah tokoh masyarakat.

Seperti di Desa Wangunjaya Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur. Kepala Desa Wangunjya. Iis Heri Herawati langsung mengadakan musyawarah untuk pembentukan Satgas Penanganan Covid-19. Hal tersebut dilakukan berdasarkan pada surat edaran dari Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

“ Ya, Hari ini (Senin-red), kami bersama jajaran pemerintah desa, dan tokoh masyarakat membentuk Satgas Covid-19 di Desa Wangunjaya. Ini sesuai surat edaran nomor 8 tahun 2020 tentang tanggap virus Covid-19,” kata Iis kepada metropuncaknews.com kemarin.

Dikatakan Iis, untuk tugas satgas sekarang ini mengimbau masyarakat sesuai aturan pemerintah. Sekaligus memantau keluar masuk masyarakat melalui aparatur desa. Hal itu  dimulai dari Kepala Dusun (Kadus), RW, dan RT,

Selanjutnya, mensosialisasikan cara pencegahan virus Covid-19 atau Corona dengan didampingi bidan desa atau tenaga kesehatan desa. Kemudian, melakukan penyemprotan cairan Desinfektan secara berkala di semua fasilitas umum dan pusat- pusat pelayanan.

“ Satgas Covid-19 sudah memiliki tugas masing-masing, satgas terus mensosialisasikan cara pencegahan virus Covid-19 dan melakukan penyemprotan cairan Desinfektan. Kami bersama aparatur desa tingkat RT dan Kadus akan memantau keluar masuknya masyarakat,” tuturnya.

Sementara, lanjutnya, BPD, Karang Taruna dan aparatur desa lainnya membantu menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif serta agar masyarakat tidak panik.

 “ Tidak terkecuali Linmas pun kita libatkan dengan tugas mengawasi jika ada perkumpulan massa,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here