Sejumlah warga pasang baligo penolakan masuknya rentenir/Bank Keliling dan sejenisnya masuk ke wilayah Campaka (foto : Zenal Mustari)

Laporan : Zenal Mustari

Cianjur, metropuncaknews.com – Rentenir dan sejenisnya dilarang masuk ke Desa Campaka Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur. Hal itu terlihat dari spanduk gerakan anti rentenir yang dipasang warga di berbagai lokasi.

Pada spanduk tersebut, tertulis warga Desa Campaka menolak keras lintah darat, rentenir, bank keliling, Kosipa, dan Bank Emok. Termasuk pinjaman dengan modus sejenis.

Uep salah satu warga Desa Campaka mengatakan, keberadaan rentenir dan sejenisnya membuat warga resah. Pasalnya, banyak ibu-ibu yang terjerat utang dengan bunga yang cukup tinggi.

“ Warga yang terjerat bank keliling atau rentenir sebetulnya banyak, bahkan sampai ada yang harus menjual barang berharga untuk membayar utangnya ke rentenir. Tidak hanya itu, percekcokan dalam keluarga pun kerap terjadi,” kata Uep kepada metropuncaknews.com.

Kasus-kasus sepeti itulah, lanjut Uep yang menjadi alasan warga menolak bahkan melarang keras rentenir dan sejenisnya masuk ke Desa Campaka.

“ Spanduk tersebut merupakan bentuk penolakan terhadap rentenir atau lintah darat dan sejenisnya yang saat ini semakin menjamur. Keberadaan rentenir ini membuat banyak warga terjerat utang piutang dengan bunga tinggi dan tidak masuk akal,” terangnya..

Sementara Iwan, warga lainnya mengatakan, dirinya sepakat menolak keberadaan rentenir yang semakin marak. Sebab keberadaan rentenir atau lintah darat ini membuat perekonomian masyarakat menjadi rapuh. “ Jika dibiarkan jelas akan berbahaya,” kata Iwan.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, warga yang terjerat rentenir kebanyakan ibu-ibu. Para ibu-ibu ini sangat mudah menerima pinjaman dari rentenir.

“ Dianggapnya mudah dapat pinjaman, hari ini ngobrol mau pinjam, langsung diberi. Padahal yang sebenarnya pinjaman itu sangat mencekik,” katanya..

Karena itu, lanjut Iwan, warga Desa Campaka sepakat untuk menolak terhadap segala bentuk rentenir.

“ Dipasangnya spanduk ini biar tahu, kalau warga Desa Campaka menolak keras masuk rentenir kewilayahnya” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here