Laporan : Aep/Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintahan Desa Tanjungsari brsama warga Kampung Banceuy RW 06 Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur, secara gotong royong membangun rumah panggung  ukuran 5X5 meter, milik  Euis (50). Rumah tersebut dibangun warga karena kondisinya sangat  memprihatinkan. Selain rumahnya sudah miring kekiri juga sudah lapuk dimakan usia, hingga nyaris ambruk.

Melihat kondisi rumah yang memprihatinkan tersebut, Pemerintahan Desa Tanjungsari dibantu BPD, LPM, Karangtaruna dan masyarat setempat,  membongkar rumah Euis dan langsung dibangun dengan cara gotong royong.

Kepala Desa Tanjungsari Waldi Akbar Yacob, ST,  setelah selesai melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah tersebut mengatakan, pihaknya mengapresiasi seluruh masyarakat yang ada di wilayah  RW 06. Karena warga begitu kompak dan peduli terhadap sesama. Warga secara spontan melakukan gotong royong membangun rumah tidak layak huni milik Mak Euis seorang janda tua.

“ Kami sangat mengapresiasi dan bangga terhadap seluruh warga RW. 06 dan Karang Taruna  yang  peduli, kompak dan bergotong royong membangun rumah Mak Euis,” ujar Waldi.

 Selanjutnya Waldi mengatakan, biaya pembangunan rumah Mak Euis itu hasil swadaya masyarakat.  Jumlahnya kurang lebih senilai Rp. 1,5 juta. Dana tersebut didapat dari hasil urunan masyarakt dan dari Karang Taruna dari tiap ke RT-an, yang ada di wilayah RW 06.

Waldi berharap, adan bantuan dari donatur lainnya. “ Supaya pembangunan rumah tersebut dapat cepat selesai, sesuai dengan harapan kita semua,” ujarnya menegaskan.

Sementara itu, Ketua RW 06, Usep Suganda menambahkan,  masyarakat sangat prihatin melihat kondisi rumah panggung milik Mak Euis yang nyaris ambruk,

Karena itu warga RW 06 secara spontan berusaha untuk membangun rumah Mak Euis tersebut. Dana pembangunan rumahnya didapat dari urunan masyarakat. Setalah hasil urunan terkumpul senilai Rp. 1,5 juta, pihaknya langsung melaporkannya pada Kepala Desa dan Ketua BPD Tanjungsari Ateng Shadikin.

Tentu saja hal tersebut disambut positif dari Kades dan Ketua BPD Tanjungsari. Maka pada esok harinya, Kades,Ketua BPS dan warga langsung membongkar dan bangunnya dengan ukuran 6×5 meter  setengah permanen. “ Kami mengucapkan terima kasih pada Kepala desa, BPD, LPM, Karang Taruna dan seluruh masyarakat Desa Tanjungsari yang telah peduli  dan berpartisipasi membangun rumah milik Mak Euis,” Ucap Usep Suganda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here