Pos Ronda yang dijadikan tempat pembuangan bayi. Beruntung bayi tak berdosa itu berhasil diselamat warga setempat

Laporan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Warga Kampung Sukamaju II RT. 003/005 Desa Jatisari, Kecamatan Sindang Barang, Cianjur Selatan, Jawa Barat, digegerkan dengan adanya suara tangisan bayi di dalam Pos Ronda, Jumat (14/9) kemarin.  Diduga kuat, bayi laki-laki tersebut sengaja dibuang orang tuanya.

Seorang warga yang tak jauh dari pos ronda mengatakan, ia mendengar suara motor berhenti di depan rumahnya sekira pukul 23:30 WIB.

Diakuinya, jalan di depan rumahnya memang kerapkali dilalui motor siang malam. Namun pada Jumat malam sabtu pukul 23.30 WIB, tak lama setelah terdengar suara motor berhenti, ia mendengar ada suara tangisan bayi. Karena merasa penasaran dan kasihan, ia pun segera bergegas keluar mencari sumber suara tangisan tersebut.

“ Saya dikagetkan dengan adanya bayi yang baru saja dilahirkan tergeletak di sudut pos ronda yang terbungkus kain dalam keadaan masih hidup, tapi ari-arinya sudah terputus dan ditutup daun sirih,” kata dia.

Setelah menemukan bayi malang itu, ia segera melapor kepada ketua RT terkait terkait penemuan bayi tersebut.

“ Karena khawatir dengan keadaan bayi itu, saya melapor kepada Ketua RT. Alhamdulillah pak RT beserta warga, segera membawa bayi tersebut ke Puskesmas Sindang Barang dan melaporkan penemuan bayi malang itu ke Polsek Sindang Barang,” ujarnya.

Bidan Puskesmas Sindangbarang Eti Rohaeti mengatakan, benar, telah ditemukan bayi malang yang dibuang oleh orangtuanya, yang ditemukan oleh Ai di pos ronda dekat rumahnya. “ Kemudian diantarkan ke Puskesmas Sindang Barang ini,” ucap Eti Rohaeti, Sabtu (15/9) dini hari.

Selanjutnya Eti mengatakan, saat ini bayi sudah berada di Puskesmas dan sudah diurus. Kondisi bayi sehat dengan berat badan 3,3 kg dengan panjang 47 cm. Ari-arinya sudah terputus dan diikat benang.

“ Bayi lahir diperkirakan dibantu oleh seorang dukun beranak, karena melihat dari ikatan tali pusar sudah rapih,” tutur Eti Roheati.

Ditemui terpisah, Kapolsek Sindang Barang AKP Nandang mengatakan, setelah menerima laporan warga adanya temuan bayi, anggota langsung menuju lokasi untuk olah TKP (Tempat Kejadian Perkara).

“ Kami langsung lakukan penyelidikan, dan untuk sementara saksi-saksi sudah dimintai keterangan guna dilakukan pengembangan,” tandasnya.

Sementara, salah seorang warga di sekitar lokasi penemuan bayi yang dihubungi melalui telepon seluler, Senin (17/9) mengatakan, sampai saat ini belum juga ditemukan titik terang siapa pelaku yang dengan sengaja membuang bayi tak berdosa itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here