Laporan : Cece

Cianjur, metrpuncaknews.com – Pepen Ketua RW.04 Kampung Haurwangi didampingi Bhabinsa Desa Haurwangi Herdyan (39), mengajak masyarakat membenahi rumah tidak layak huni di kampung tersebut, Kamis (1/8) lalu. Meski dengan dana seadanya, namun antusias masyarakat terlihat sangat kompak.

“Dengan swadaya masyarakat, saya berniat untuk membangun rumah tidak layak huni itu. Meski anggaran seadanya hasil udunan (swadaya) masyarakat, baik itu berupa uang maupun material kami tetap optimis akan berhasil membantu salah seorang warga yang sudah lanjut usia,” kata Pepen.

Lanjut Pepen, selama proses pembangunan rutilahu ini, belum ada bantuan dari pemerintah bahkan pihak desa pun tidak mengetahui keberadaan rumah tidak layak tersebut. “Sampai saat ini, bantuan dari Desa Haurwangi sendiri atau intansi perkantoran lainnya, untuk saat ini belum ada.

“bahkan Kepala Desa pun belum mengetahui adanya masyarakat yang membutuhkan bantuan dari program RUTILAHU, bisa jadi mungkin beliau sibuk,” ujar Pepen.

Melihat kondisi rumah yang sudah tidak layak huni dengan kondisi penghuninya sudah lanjut usia, Pepen tergerak hatinya dan mengajak masyarakat untuk membantunya, sehingga munculah inisiatif untuk membedah rumah tersebut, meskipun dengan dana seadanya.

“Saya merasa khawatir melihat kondisi rumah reyod yang tidak lagi layak huni itu, takutnya roboh dan menimbulkan kecelakaan pemiliknya. Saya berharap kedepannya, warga disini tidak ada lagi rumah-rumah yang seperti itu, minimalnya layak huni.

“Selagi kita bisa (mampu), mari mulai dari sekarang. Dan untuk pemerintah desa bisa lebih memperhatikan lagi kondisi warganya,” pungkasnya.

Sementara Bhabinsa Desa Haurwangi, Hardyan, berharap, untuk program seperti ini seluruh lapisan masyarakat mau bergotong royong dan turun tangan langsung kelingkungan masyarakat.

“Harapan saya untuk kedepannya, pemerintah atau pihak desa juga bisa tepat sasaran untuk menjalankan program tersebut. saya menghimbau kepada, intansi-intansi terkait, dan untuk kepala desa pribadi.

“Bisa lebih memperhatikan masyarakatnya, yang membutuhkan dan benar-benar layak untuk mendapatkan bantuan,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here