Laporan : Sam Apip/Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Sampah rumahan menggunung di pinggir jalan raya Ciranjang – Bojongpicung. Tepatnya di Kampung Pasir Dawuan RT 01-02/09 Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Maka pada Senin  (07/03-2021), warga setempat melakukan gotong royong membersihkan sampah tersebut.

Namun, setelah sampah tersebut dibereskan dan dimasukan dalam karung plastik, warga kebingungan untuk membuangnya.  Karena tidak memiliki biaya untuk mengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Ankhir (TPA).

Ketua RW 09 Lukan (47), warga Kampung Pasir Dawuan mengatakan, sampah rumahan yang menggunung di pinggir jalan raya tersebut, diduga sengaja dibuang warga setempat dan warga luar yang  membuangnya sambil pergi ke Pasar Ciranjang.

Hingga Ketua RT 01 dan RT 02 beserta warga yang rumahnya di pinggir jalan harus rela tiap sore membakar sampah yang menumpuk dan berceceran di pinggir jalan. Karena tumpukan sampah yang tidak satu tempat, melainkan ada beberapa tempat yang jaraknya hanya 50 meteran.

Membereskan tumpukan sampah yang dilakukan secara gotong royong itu, bukan yang pertama kalinya dilakukan warga. Tapi untuk yang kesekian kalinya. “ Namun sayang tiap hari sampah bukannya berkurang, malah bertambah banyak yang hingga menggunung,” kata Lukan.  

Sementara itu, Ketua RT 01 Nanang Farera (40) menambahkan,  pihaknya tiap bulan melaksanakan gotong royong membersihkan sampah yang ada di pinggir jalan raya. Namun tiap harinya warga  setempat maupun warga luar tak pernah sadar akan cara membuang  sampah yang benar dan baik.

Hingga, setiap membersihkan sampah,  pihaknya beserta Ketua RW dan masyarakat, selalu kebingungan untuk membuang sampah berikutnya. Karena setelah sampah dimasukan dalam karung  plastik hanya bisa ditumpuk atau disimpan lagi di tempat semula. Hingga sampah mengering kemudian dibakar di tempat tersebut.

” Bingung ah, sampah yang sudah  dimasukan dalam karung plastik, entah harus kemana membuangnya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here