Warga Desa Mekarwangi turun ke jalan untuk menyambut Tahun Baru Islam 1440 H

Laporan : Iriyanto

Cianjur, metropuncaknew.com – Ribuan warga Desa Mekarwangi Kecamatan Haurwangi, Cianjur Jawa Barat, tumpah ke jalan untuk menyambut Tahun Baru Islam 1440 H. Mereka menggelar aksi pawai taaruf  dari jalan raya Cipeuyeum menuju perbatasan Desa Mekarwangi, tepatnya Kp. Pasirwaru RT. 01/07 Desa Mekarwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur.

Ribuan umat Islam dari berbagai elemen, Selasa (11/9/18) pagi, memenuhi Jalan R Sanusi yang terletak di wilayah Desa Mekarwangi. Setelah berkumpul, mereka kemudian secara bersama-sama melakukan Pawai Taaruf.

Aksi tersebut dimulai dari jalan raya Cipeuyeum kemudian  bergerak ke titik kegiatan yaitu di Kp.Pasirwaru, RT. 01/07 Desa Mekarwangi.

” Kita melaksanakan pawai taaruf ini untuk memperingati tahun baru Islam 1440 Hijriah,” ujar salah seorang peserta pawai, Agus Sunandar (42) kepada awak media metropuncak di Jalan R Sanusi.

Peserta pawai ini ada juga yang mengendarai kendaraan bermotor. Bahkan ada beberapa dari mereka yang memakai kendaraan bak terbuka.

Shalawat dan ayat-ayat suci Alquran dikumandangkan saat mereka konvoi. Bukan hanya pria-wanita dewasa, anak kecil pun ikut pawai taaruf bersama orang tua mereka.

“Allahuakbar…allahuakbar..,” kata para peserta pawai. Aksi itu kemudian ditutup dengan doa bersama yang digelar di Kp. Pasirwaru.

” Semoga di tahun baru ini umat Islam bisa terus bersatu. mempererat silaturahmi. Jangan sampai kita terpecah belah, apa pun alasannya,” kata Agus Sunandar.

Di tempat yang sama Kepala Desa Mekarwangi Cecep Surahman mengatakan, penyelenggaraan peringatan tahun baru semacam ini tak sebatas pada kegiatan seremonialnya saja. Tetapi seluruh umat dapat teringat dan diingatkan akan hakikat kehidupan dunia yang hanya sementara.

Perjalanan waktu yang terus berputar hendaknya digunakan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Baik untuk kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat. Pada moment menyambut Tahun Baru Islam ini juga merupakan salah satu upaya kita sekalian, khususnya kaum muslimin di wilayah Desa Mekarwangi Kecamatan Haurwangi, untuk senantiasa mewujudkan masyarakat Desa Mekarwangi yang Islami. “ Sebagaimana visi Kabupaten Cianjur yakni ”Cianjur lebih maju dan agamis,” ungkapnya.

Cecep Surahman menambahkan, peringatan menyambut Tahun Baru Islam di desanya, tahun ini memiliki tema “Mari Berhijrah Menuju Pribadi Yang Bertaqwa dan Berahlakul Kharimah”, Implementasinya yakni, diri kita mampu menjadi lebih baik kedepannya dan yang paling penting tentunya merupakan salah satu wujud syukur kita kepada ALLAH SWT, yang senantiasa menganugerahkan berbagai nikmat kepada kita sekalian. Baik nikmat iman maupun islam, serta nikmatnya bersilaturahmi dengan sesama, sebagai wujud ketakwaan untuk lebih meningkatkan kualitas hubungan antar sesama, dan hubungan kita dengan Allah SWT. “ Mudah-mudahan amaliyah ini mendapat rahmat dan karunia Allah SWT, sebagai bentuk ketaatan kita kepadaNya,” kata Cecep Surahman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here