Laporan Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Warga Kp. Mekarmanik RW 04 Desa Jati Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, keluhkan MCK yang dibangun Pemerintahan Desa Jati. Mck tersebut dibangaun diatas tanah milik salah seorang warga. Ada pun yang dikeluhkan warga, karena di MCK yang baru dibangun itu tidak ada air dan akses jalannya sulit dilalui.

Menurut keterangan, MCK tersebut dibangun pada akhir tahun 2018. Namun baru dipergunakan satu bulan belakangan ini. Itupun setelah warga berinisiatif mengambil aliran listrik dari sekolah PAUD yang berada tidak jauh dari bangunan MCK tersebut.

Salah seorang warga Rt 01/04, Iyang (44) saat dihubungi  Rabu (14/8) mengatakan, sejak pembangunan MCK selesai pada akhir 2018, warga tidak pernah menggunakan MCK tersebut. Karena memang airnya tidak ada. Tapi bukan karena air di sumur bornya yang kosong, melainkan karena tidak adanya aliran listrik. Sehingga mesin penyedot tidak dapat berfungsi.

“ Juga akses jalan ke MCK tidak ada. Padahal warga saat ini sangat membutuhkan air karena saat ini sudah mulai kekurangan air, juga anak anak sekolah PAUD pun butuh jika mereka ingin buang air kecil, BAB dan lainnya,” ucapnya.

Setelah beberapa bulan tak terpakai lanjut Iyang, karena warga banyak yang membutuhkan, akhirnya ada inisiatif warga untuk mengambil saluran listrik dari sekolah PAUD. Baru MCK tersebut bisa dipergunakan. “ Namun karena akses jalan yang tidak ada akhirnya warga merasa canggung dan berharap Pemerintah Desa Jati mampu memberikan solusinya,” harap Iyang.

Sementara Kepala Desa Jati Dadan Wildan saat ditemui di kantornya mengatakan, pembangunan MCK itu sudah sesuai dengan prosedur. Namun diakuinya, untuk pemasangan listrik di RAB tidak ada. Maka dari itu semuanya Kades melimpahkan pada pihak RW dan RT juga warga di wilayah itu.

Tapi Kades berjanji, akan tetap ikut memberikan bantuan apa bila warga akan melakukan pemasangan listrik. Sedangkan untuk akses jalan kan sudah disepakati lewat pinggir rumah dari pemberi hibah. “ Tapi mungkin nanti kami akan meninjau kembali dan akan mencarikan solusi yang terbaik, karena sebenarnya jalan itu bisa dari dua arah,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here