Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Warga Desa Kertajaya Kecamatan Ciranjang Cianjur, mengeluh. Pasalnya, ada beberapa kabel jaringan listrik PLN yang berada di atas permukaan tanah. Dikhawatirkan, jika dibiarkan  akan menimbulkan masalah dan bisa mengakibatkan kecelakaan yang menelan korban jiwa.

Kabel jaringan listrik PLN tersebut. membentang di kanan – kiri jalan yangmenuju Rumah Jaring Terapung (Japung) di genangan waduk Cirata. Tepatnya di kawasan Jengjen Kampung Palalaggon RW 09 Desa Kertajaya Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur.

Parahnya lagi, kabel jaringan listrik tegangan tinggi dipasang tanpa tiang. Melainkan membentang tergeletak dipermukaan tanah sepanjang kurang lebih 1000 meter. Hal itu, membuat pengguna jalan dan para pemilik kebun merasa khawatir kabel tersebut bocor. Hingga takut terjadi hal yang tidak diinginkan semua pihak.

Ketua RT 01/09 warga Palalaggon Kustutianto (55) mengatakankan, beberapa kabel jaringan listrik yang membentang di pinggir kanan kiri jalan desa menuju Japung kurang lebih sejauh 1000 meter, di wilayah Jengjen Desa Kertajaya, itu telah lama dipasang pihak PLN.

Namun sayang, pemasangannya diduga asal-asalan. Tidak memakai tiang, melainkan diikat dari pohon ke pohon dan bila tidak ada pohon maka dibiarkan melintang diatas permukaan tanah.

Karuan saja, hal iti membuat riskan para pengguna jalan dan para penggarap kebun yang ada di sepanjang jalan tersebut. ” Kabel hitam jaringan listrik yang ada dipermukaan tanah takut terkelupas, kesambet cangkul, yang akhirnya bisa menimbulkan bahaya bagi keamanan masyarakat,” ucap Tustianto pada awak media, Selasa (03/03-2021).

Sementara itu, Kadus III Desa Kertajaya, Junarta Jamur (58) menambahkan, memang benar adanya di pinggir kanan kiri jalan desa menuju kawasan Dermaga Jengjen Desa Kertajaya, ada kabel listrik yang dipasang pihak PLN diduga tidak sesuai standar. Soalnya, dipasang tidak memakai tiang, melainkan dipasang dari pohon ke pohon dan tidak sedikit yang membentang di atas permukaan tanah.

Hal itu, tentu saja membuat khawatir warga setempat. Karena bila plastik bungkus kabel terkelupas maka akan membahayakan bagi masyarakat. Karena itu, Junarta atas nama warga meminta pada pihak yang berkompenten dan pada pihak PLN Ciranjang, agar kabel yang berserakan segera diperbaiki dengan baik dan benar. “ Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.

Dilain pihak, salah seorang anggota tekhnisi Kantor PLN Mande Dela (27) mengatakan, kabel aliran listrik yang membentang di sepanjang jalan menuju  Japung di kawasan Kebon Jengjen Desa Kertajaya, itu bukan milik PLN. Melainkan milik masyarakat yang memasang jaringan listrik.

“ Untuk itu, silahkan saja hubungi pihak masyarakat yang memasang jaringan listrik atau pada pihak instalasi yang masang kabel saat itu,” Kilah Dela pada awak media, Selasa (03/03-2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here