Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Demi memiliki jalan yang laik pakai, masyarakat Kedusunan Cibuluh Desa Sirnasari Kecamatan Leles Cianjur Selatan Jawa barat, rela urunan/iuran untuk membangun jalan lingkungan dengan rabat beton di kampungnya.

Bahkan, warga yang bekerja di luar kota dan di luar negeri pun (TKI) turut menyumbang. Sementara untuk pengerjaannya, dilakukan dengan swadaya masyarakat.

Diakui orang tua Refan Mukhlis (37), salah seorang warga kedusunan Cibuluh yang bekerja di luar kota mengatakan, anaknya suka wesel uang. Selain mengirim untuk dirinya, Refan juga nitip buat pembangunan jalan rabat beton di sini.

” Sebagai putra daerah, saya merasa miris dengan keadaan jalan di kampung sendiri, yang kondisinya sangat memperihatinkan. Nah, maka dari itu anak saya rela memberikan sebagian uangnya untuk ikut urunan membangun jalan rabat beton, sehingga warga bisa menikamati jalan yang laik pakai,” katanya.

Sementara, Kepala Dusun Cibuluh, Samsul Munir (53)  membenarkan adanya pengecoran jalan rabat beton. Namun baru bisa dilalui kendaraan Roda 2 (R2). Adapun sumber anggrannya berasal dari urunan/iuran warga kedusunan Cibuluh.

” Dalam pelaksanaannya warga menunjuk dan mempercayakan kepada saya sebagai panitianya,” kata Samsul saat dihubungi via telepon sellular, Rabu (08/01).

Lanjut Samsul, dari hasil urunan pembangunan jalan tersebut, dalam satu Minggu bisa mendapat Rp. 900.000,- . Selain menyumbang uang, ada juga warga yang memberi bahan material seperti semen, pasir dan bahan-bahan material lainya.

” Pembangunan jalan kedusunan ini murni anggaran dari urunan/iuran warga,” terangnya.

Disinggung mengenai adanya anggaran Dana Desa (DD), Samsul tidak mau berkomentar. Menurutnya jika berkomentar, dikhawatirkan bisa melemahkan pihak Desa Sirnasari.

” Yang pasti, saya bersama warga dengan rela dan ikhlas berswadaya untuk membangun jalan ini. Walaupun nantinya ada tanggapan dari pihak luar seperti apa. Kami hanya bisa berdoa dan mengaminkan saja. Semoga dusun Cibuluh ini, bisa menjadi wilayah yang di perhatikan oleh Pemerintahan Desa Sirnasari,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here