Laporan : Agus

Cianjur metropuncaknews.com – Kegiatan donor darah yang rutin digelar Puskesmas Haurwangi setiap 3 bulan sekali Tak pernah sepi Pendonor. Warga Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur selalu ikut dalam program donor darah yang sudah menjadi program kerja Puskesmas Haurwangi dan PMI Cabang Cianjur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Puskesmas Haurwangi di lantai dua. Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala puskesmas beserta jajarannya, kader dan masyarakat umum yang sudah terbiasa mendonorkan darahnya.

Kepala Puskesmas Haurwangi, Kankan Sumpena saat dihubungi Rabu (6/1) mengatakan, kegiatan donor darah ini sudah menjadi program Puskesmas Haurwangi. Bekerjasama dengan PMI Cabang Cianjur. Sampai saat ini kegiatan sudah berjalan selama 3 tahun. Tentunya dengan adanya kegiatan seperti ini bisa membatu orang – orang  yang membutuhkan. “ Terutama untuk orang yang mengidap thalasemia, dan ibu melahirkan yang mengalami pendarahan,” jelas Kankan.

Koordinator donor darah PKM Haurwangi Enjang Muslih A,MD. Kep mengatakan, pendonor di Puskesmas Haurwangi untuk saat ini, yang mendaftar ada sekitar 47 orang.  Namun setelah dicek ternyata ada yang tensi dan HB darahnya kurang sebanyak 11 orang.  “ Jadi untuk saat ini yang memenuhi syarat untuk jadi pendonor hanya 36 orang. Dari 36 pendonor mengahasilkan 13 golongan darah A, 8 golongan B, 9 golongan O, dan 6 golongan AB,” kata Enjang.

Sementara salah seorang pendonor darah, Sutarko mengatakan, dirinya merasa bersyukur dapat ikut mendonorkan darahnya untuk menolong sesama. “ Kedepan insya allah akan selalu rutin mengikuti kegiatan donor darah,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here