Laporan: Sam/Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Semangat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia begitu melekat di seluruh masyarakat Indonesia. Buktinya, lihat saja warga Kampung Sumberharja RW 08 Desa Neglasari Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur. Warga Kampung Sumberharja pada Selasa (17/8/2021) mengelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76. Meski di tempat yang sangat-sangat sederhana. Yaitu di bantaran Irigasi Sekunder yang membentang di depan permukiman warga setempat.

Upacara HUT RI ke 76 tersebut, disambut antusias warga Kampung Sumberharja. Kegiatan ter didukung Forkopimcam Bojongpicung. Bahkan Kepala Desa Neglasari Enci Nurhayati ikut hadir memantau kegiatan masyarakatnya.

Ketua RW O8 Agus Kurniawan memaparkan, Kampung Sumberharja tidak jauh dari lapang sepak bola Huve yang tiap tahunnya dijadikan tempat upacara HUT RI. Namun semenjak adanya pandemi Covid 19 lapang sepak bola tersebut tidak digunakan untuk upacara karena dilarang adanya berkerumun.

Menurut Agus Kurniawan, warga Kampung Sumberharja RW 08 sudah dua kali melaksankan upacara bendera merah putih pada HUT RI di lingkungan kampung sendiri. Lokasinya di bantaran Irigasi Sekunder

Seperti halnya sekarang, upacara HUT RI ke 76 dilaksanakan masyarakat di bantaran Irigasi Sekunder dan tidak terlepas dengan menggunakan Prokes Covid 19. “ Pelaksana upacara bendera mulai dari Paskibra, pemimpin upacara, pembina upacara dan personil lainnya mengenakan pakaian adat perdesaan,” kata Agus.  

Sementara itu Kepala Desa Neglasari Enci Nurhayati menambahkan, pihaknya selain memantau kegiatan masyarakat juga sekaligus memberikan sambutan arahan pada peserta upacara dan pada masyarakat, diakhir upacara HUT RI ke 76.

” Kami merasa bersyukur dan terimakasih pada Ketua RT/RW, tokoh masyarakat dan seluruh warga Kampung Sumberharja yang telah melaksanakan berbagai macam kegiatan termasuk telah sukses melaksankan upacara bendera pada HUT RI ke 76,” tutur Enci.

Setelah selesai upacara penurunan bendera merah putih, rencananya akan dilakukan berbagai lomba kesenian dan mancing ikan di Irigasi. “ Mohon diperhatikan kesehatan dan gunakan Prokes Covid 19. Supaya seluruh masyarakat Kampung Sumberharja terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan semua pihak,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here