Warga, TNI, Polri dan Ormas, gotong royong bersihkan jalan yang tertimbun longsor

Laporan : Shandi/R Dhany

Cianjur,metropuncaknews.com – Pasca terjadinya longsor yang menutupi jalan di tikungan Cicatang Kampung Cigarogol Naringgul, Sabtu (10/11) kemarin. Segenap warga yang dibantu ormas, TNI dan kepolisian, bergotong royong membersihkan jalan dari reruntahan tanah akibat longsor. Hingga jalan dapat berfungsi kembali seperti semula. .

Tumpukan material longsor yang menumpuk dan menutupi jalan Nasional Bandung-Cianjur, Naringgul-Cidaun, yang mengakibatkan banyak para penguna jalan terdampar.

Alhasil upaya tersebut membuahkan kegembiraan bagi warga dan khususnya pengguna jalan. Untuk sementara, para penguna jalan yang mengunakan roda dua (R2), bisa menyebrang (melintasi) tumpukan longsor yang tingginya mencapai hampir 5 m dengan panjang mencapai 30 m.

Berdasarkan hasil pantauan awak media dilokasi kejadian, terlihat warga, TNI, Polri, anggota KSB Naringgul, Ormas PP ranting Naringgul, berjibaku membuka jalan sementara, untuk para penguna kendaran R2, supaya bisa menyebrang.

Adit ( 35 ), salah seorang anggota Ormas PP kepada awak media menjelaskan, pihaknya bersama warga dan TNI dan Polri membuka jalan untuk sementara  dengan mengunakan alat seadanya.

” Sambil menungu alat berat datang, kami bersama warga dan anggota Polsek Naringgul membuka jalan sementara, sebab kasihan banyak para penguna jalan yang terdampar akibat tidak bisa melintasi material longsor,” katanya.

Sementara itu, pihak Kementrian PUPR PJN V Jawa Barat, Hery S, saat dihubungi melalui telepon seluler, Minggu (11/18) mengatakan, setelah mendapat kabar dari Polsek Nainggul dan warga, pihaknya langsung mengintruksikan tim untuk segera menurunkan alat berat.

” Insya Alloh siang ini dua alat berat sudah meluncur ke lokasi  kejadian longsor di tebing Cicatang yang ambruk menutupi jalan Nasional Bandung-Cianjur, Naringgul-Cidaun, dan akan segera membersihkan material longsor,” kata Hery.

Ambruknya tebing diduga akibat insenitas curah hujan yang sangat tinggi menguyur wilayah Naringgul, Cianjur Selatan.

” Diperkirakan sore ini tumpukan material di lokasi longsoran, bisa dievakuasi untuk  kendaraan R2 dan R4, supaya bisa kembali normal dan dapat berfungsi kembali. Mohon maaf, kepada para pengguna jalan, karena adanya material longsoran tebing Cicatang sehingga perjalananya terngangu,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here