Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Ruas jalan desa antara Kampung Dermaga sampai dengan Kampung Citapen, Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung, Cianjur, sepanjang kurang lebih 2 KM, lebar 3 meter, sebentar lagi akan rampung dibangun dengan kontruksi cor beton redimix. 

Jalan tersebut, merupakan jalan protokol menuju kantor Desa Sukaratu. Pada tahun lalu pembangunannya telah dimulai. Sedangkan pembangunan yang sekarang sedang dikerjakan itu hanya merupakan sisanya saja, sepanjang 242 X 3 meter dengan ketebalan 15 Cm.

Pembangunan ruas jalan tersebut, dilaksanakan pihak Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dibantu organisasi kemasyarakatan desa dan masyarakat Desa Sukaratu. 

Kepala Desa Sukaratau Ahmad Hidayat menjelaskan, ruas jalan protokol mulai dari Kampung Dermaga sampai dengan Kampung Citapen, kurang lebih 2 Km, lebar 3 meter, sebahagian besar pada tahun lalu telah selesai dibangun dengan cor beton redimix. 

Sedangkan sisanya yang berlokasi di Kampung Citapen Desa Setempat, sepajang 242×3 meter, sekarang sedang dikerjakan pembangunannya dengan cor beton redimix. Direncanakan akan selesai sekarang juga, dan setelah dua pekan dari sekarang jalan tersebut akan bisa dilewati kendaraan mobil maupun motor. 

Sehubungan dengan hal tersebut, pihaknya mengajak pada seluruh warga Desa Sukaratu untuk bersabar. Jaln tersebut jangan dulu dilewati kendaraan jenis apapun sebelum kering maksimal. “ Supaya jalan tersebut kuat dan awet, jelas Ahmad Hidayat, Jumat (26/04).

Sementara itu, Ketua TPK Sukaratu, Agus Rohimat (42) mengatakan, pembangunan jalan tersebut dibiayai dari sumber anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama tahun anggaran 2019. 

Tidak hanya itu saja, kiri kanan pinggiran jalan tersebut, setelah selesai dibangun cor beton maka akan diteruskan dengan urugan matrial batu koral dan akan dipadatkan pula. Maksudnya supaya kendaraan mobil saat berpapasan tidak berhenti terlebih dahulu. 

Selain itu, ia mengucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat Desa Sukaratu, khususnya warga Citapen yang telah ikut andil membantu membangunan cor beton jalan. “ Baik berupa tenaga, pikiran mapun dengan  memberi makanan ringan dan air pada para pekerja,” ucap Agus. 

Dilain pihak, tikoh pemuda Desa Sukaratu, Dedi Oboy mengatakan, pihaknya atas nama masyarakat Desa Sukaratu, mengucapkan terima kasih pada pihak Kecamatan Bojongpicung, Kepala Desa, BPD, dan tokoh masyarakat Desa  Sukaratu. Karena kepeduliannya dengan mendahulukan membangun cor beton jalan protokol. 

Karena jalan tersebut merupakan jalan lintas utama seluruh warga Desa Sukaratu dan warga desa lainnya. Hingga dengan bagusnya jalan tersebut, akan mampu mengangkat roda perekononian masyarakat. “ Karena masyarakat Desa Sukaratu, mendapat penghasilan dari pertanian padi, palawija, kayu dan pengrajin kayu olahan,” kata Dedi Oboy.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here