Laporan : Sandi/Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Warga ditiga kampung yang berada di wilayah Desa Naringggul Kecamatan Naringggul Cianjur Selatan Jawa Barat, harapkan pembangunan jalan yang laik pakai.

Adapun tiga kampung tersebut adalah Kampung Cisireum, Garungang dan Cicukang. berdasarkan pantauan dilapangan, jalan ditiga kampung itu sudah hampir puluhan tahun tidak layak pakai. Sehingga wajar jika masyarakat mendambakan jalan yang bagus dan layak pakai.

Salah seorang tokoh masyarakat Apih Herman (42) mengatakan, hampir puluhan tahun dan berganti-ganti Kepala Desa Naringggul, jalan ini masih belum pernah diperbaiki.

” Mudah-mudahan Kepala Desa terpilih, bisa segera merealisasikan anggaran untuk pembangunan jalan yang menghubungkan poros Desa Naringggul-Sukamulya tepatnya dikedusunan Cisireum,” katanya, Senin (16/03).

Apih melanjutkan, padahal jalan poros Desa Naringggul-Sukamulya adalah akses jalan satu-satunya yang setiap hari dilewatinya oleh masyarakat di dua desa.

” Tentunya dengan kondisi jalan yang bagus, akan berdampak terhadap perkembangan roda perekonomian warga ditiga kampung yang jelas akan lebih meningkat. Padahal di kampung kami ini, pengrajin dan pengahsil pertaniannya terbesar seperti gula aren, beras dan hasil bumi lainya yang setiap harinya dijual ke Bandung,” jelasnya.

Hal senada juga juga dikatakan Rohiman (47). Dia mengaku, setiap harinya melewati jalan Cisireum-Sukamulya ketika hendak mengajar. Selain itu juga para murid yang hendak pergi sekolah dan masyarakat yang akan menjual hasil buminya sangat kesulitan. Terlebih di musim penghujan sekarang ini.

” Kami bersama warga lainya, berharap pemerintah baik daerah terutama pemerintah Desa Naringggul untuk bisa segera membangun jalan dengan cara dicor beton yang permanen,” katanya.

Rohiman menambahkan, kalau dulu masyarakat Garungang ingin punya jalan, secara sewadaya membobok tebing gunung Rompang yang sekarang menjadi jalan lintas yang disebut dengan nama jalan genteng. Itupun menyerupai gua.

” Karena kami juga menginginkan jalan yang layak, atas nama masyarakat saya berharap pemerintah segera membangun jalan dengan cara di cor beton. Melalui media inilah kami bisa menyampaikan keinginan agar terealisasinya ruas jalan Cisireum, Garunggang dan Cicukang,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here