Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Warga Kp Bungbulang RT02 /01, Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, temukan Bunga bangkai (Refflisia) yang tumbuh di kebun milik Udin (55) warga setempat.

Bunga bangkai dengan tinggi 35 Cm, lebar bunga 45 Cm dan memiliki warga merah tua. Kini bunga tersebut, tiap hari menjelang sore menjadi tontonan warga sekitar. Bahkan banyak warga yang berselfie ria di dekat bunga bangkai.

Informasi yang dapat dihimpun, mulanya warga tidak mengetahui tumbuhnya bunga bangkai. Namun dua hari lalu warga sekitar, pada malam hari menghirup bau bangkai yang cukup menyengat.

Semula warga menduga, bau bangkai tersebut karena adanya binatang yang mati. Namun setelah dicari sumber bau tersebut pada siang hari, ternyata bukannya bangkai binatang yang mengeluarkan bau bangkai tersebut. Melainkan bau dari bunga yang baru mekar. Bunga tersebut tumbuh di kebun milik Kakek Udin.

Karena penasaran, setelah difoto dan ditayangkan di Medsos, ternyata jadi heboh. Banyak warga yang berdatangan ingin melihat dari dekat. “Karena selain langka juga memiliki warna merah tua yang cukup menarik perhatian berbagai pihak,” kata Indri (25) yang rumahnya tak jauh dari tumbuhnya bunga bangkai, Selasa (24/11).  

Sementara itu, Kepala Desa Nanggalamekar Hilman, S.Kom  mengatakan, pihaknya mengetahui ditemukannya bunga bangkai Refflisia, karena adanya informasi dari Ketua RT, RW dan masyarakat setempat. Setelah dilihat ternyata benar adanya. Di Kp Bungbulang tumbuh bunga bangkai yang nota bene tergolong bunga langka.

Maka dengan tumbuhnya bunga Refflisia tersebut, semoga membawa dampak potitif terhadap kemajuan Desa Nanggalamekar. Karena Kp Bungbulang RW 01, itu sedang ditata akan dijadikan tempat wisata alam dan akan dijadikan Kampung Bunga Matahari.

” Seperti terlihat sekarang di kanan – kiri jalan menuju Kampung Bungbulang sepanjang 200 meter, tumbuh penuh pohon bunga matahari,” ujar Hilman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here