Warga Desa Ciranjang, gotong royong perbaiki jalan lingkungan

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Warga Kampung Pasir Asem RW 18, Desa/Kecamatan Ciranjang, Cianjur, kini tengah sibuk bangun jalan lingkungan. Jalan lingkungan sepanjang 820 x 2,5 meter tersebut, ada yang diperbaiki dan ada pula yang dilakukan cor beton. Tepatnya jalan   antara pintu kereta api sampai ujung Kampung Pasir Asem. Jalan lingkungan tersebut merupakan jalan alternatif warga menuju Cianjur dan sebaliknya. 

Pembangunan tambal sulam cor beton  tersebut, dibiayai hasil swadya masyarakat. Ditambah dari hasil kencleng portal jalan yang dikerjakan langsung pihak pengurus RW 18 bekerja sama dengan masyarakat setempat. 

Diharapkan, dengan adanya jalan bagus, akan mampu meningkatkan kesejahtraan seluruh masyarakat Desa Ciranjang dan masyarakat desa lainnya.

Ketua RW 18 Kampung Pasir Asem, Ciranjang, Wowo Anwar (50) menjelaskan, jalan lingkungan Kampung Pasir Asem itu merupakan jalan alternatif. Tiap harinya tidak kurang dilewati tidak kurang dari  1000 sepeda motor.  

Banyaknya lalu lintas sepeda motor, akibat jalan raya sering terjadi kemacetan arus lalu lintas. Hingga warga yang hendak ke pasar tradisional Ciranjang dan yang hendak ke Cianjur serta karyawan/ karyawati pabrik, sudah pasti melewati jalan lingkungan Pasir Asem. Hal itu dilakukan untuk menghindari kemacetan di jalan raya. 

Tentu saja dengan seringnya dilalui sepeda motor, maka kondisi jalan akan cepat rusak. Hingga menyulitkan pengendara sepeda motor. Karena itu, Ketua RW 18 beserta warga setempat, langsung melakukan gerakan perbaikan jalan tersebut.

Tentu saja gerakan perbaikan jalan itu, disambut antusias warga setempat juga pengguna jalan  lainnya. Banyak pihak mengapresiasi perbaikan jalan tersebut. Diharapkan, perbaikan jalan tersebut selesai sebelum lebaran. “ Hingga mampu mengurai kepadatan arus lalu lintas di jalan raya,” ucap Wowo Anwar.

Sementara tara itu, Kepala Desa Ciranjang H. Deden Ependi menegaskan,  jalan lingkungan Kampung Pasir Asem itu merupakan jalan alternatif. Terutama bagi warga yang hendak belanja ke pasar tradisional Ciranjang, karyawan/karyawati pabrik, PNS dan masyarakt lainnya yang hendak pergi ke Cianjur.

Mengenai perbaikan jalan lingkungan dari hasil swadaya masyarakat, Deden mengatakan, bukannya tidak peduli. Buktinya, untuk perbaikan jalan alternatif itu sudah dimasukan dalam RAPBDes tahun anggaran 2019. 

“ Rencana pembangunannya akan dibiayai dari dana aspirasi atau dari sumber dana bantuan lainnya, semoga rencana pembangunan jalan itu bisa terealisasikan pada bulan mendatang, karena jalan itu telah diukur pihak Kantor Dinas Tarkim Cianjur,” jelas Deden. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here