Laporan: Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Kang yanto yang biasa disapa Om Ato, hari ini telah mencoba mengevakuasi sarang tawon jenis vespa yang berlokasi di Kampung Cimalang, RT01/RW06, Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Rabu, (8/12/21).

Berawal dari laporan warga, Yosef (56), pada hari Rabu, (8/12/21) sekitar pukul, 17.00 WIB, yang awal mulanya genting rumah bapak Yosef sempat porak poranda disapu angin kencang dalam dua hari kebelakang.

Lantaran genting rumahnya banyak yang terbang terbawa angin kencang, banyak warga yang yang mau berpartisipasi untuk memperbaiki genteng rumahnya, ketika itu warga sontak dan kaget, yernyata di bawah genting ada sarang tawonnya diduga, itu sarang tawon jenis Vespa yang ukurannya lumayan besar seperti Bola Voli.

Karena warga ketakutan, yang tadinya ingin membantu memperbaiki rumah pak Yosef, jadi diurungkan niat baiknya, dikarenakan ada sarang tawon jenis Vespa yang diduga tawon tersebut Sangangat mematikan sengatannya.

Tanpa disengaja, pak Yosef menceritakan hal tersebut ke salah satu teman akrabnya yaitu, Kang Yanto yang akrab di sapa Om Ato, dan tanpa basa – basi, Om Ato merespon laporan dari sahabatnya dan langsung mengevakuasi sarang tawon tersebut.

Om Ato menuturkan, evakuasi dilaksanakan malam hari pukul, 19.10 WIB, sengaja dilakukan malam hari karena tawon jenis vespa tersebut lebih agresif ketika banyak cahaya, terutama pada siang hari, dan mengantisipasi terhadap serangan tawon, apalagi di daerah kampung tersebut banyak aktivitas masyarakat dan banyak anak – anak yang bermain di sekitar rumah itu sehingga evakuasi dilakukan pada saat malam hari. Ucap Om Ato.

Proses Evakuasi berlangsung hampir selama 20 menit. Proses evakuasipun berjalan lancar sebelum akhirnya sarang tawon iyu dimasukkan ke dalam plastik yang telah disiapkan. Hanya berbekal cairan Bensin, naik ke atap rumah warga yang berada di Kampung Cimalang RT 01/06 Desa Cipeuyeum, secara perlahan mencopot sarang tawon vespa tersebut.

Yosef, pemilik rumah mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada sahabatnya, Om Ato karena telah tanggap mengantisipasi penyebaran sarang tawon di rumahnya. “Kami merasa senang karena sudah terbebas dari kekhawatiran tersengatnya hewan tersebut,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here