Sebagai rasa syukur atas selesainya pembangunan jalan cor beton, warga Desa Cihaur dan Cimanggu ramai-ramai makan nasi liwet di jalan

Laporan : Aldan

Cianjur, metropuncaknews.com – Tumpah ruah ribuan warga Desa Cihaur dan Cimanggu, Kecamatan Cibeber turun ke jalan menggelar acara makan nasi liwet, Selasa (1/5).

Hal itu dilakukan, sebagai bentuk rasa syukur warga  atas selesainya pembangunan jalan cor beton sepanjang dua kilometer di dua desa tersebut. Dananya menggunakan anggaran APBD yang digelontorkan Pemkab Cianjur melalui Dinas PUPR.

Ai Eni (35) anggota Karang Taruna Kecamatan Cibeber mengatakan, agenda makan liwet  bersama ini merupakan bukti wujud sukur atas selesainya pembangunan jalan cor beton. Sehingga antisiasme warga hampir dua desa turun ke jalan.

” Selain acara syukuran, juga dalam rangka papajar bareng menyambut datangnya bulan suci ramdhan. Sehingga kami disini bisa bersilaturahim dengan masyarakat,” tutur Ai disela-sela kesibukannya makan nasi liwet.

Ada pun menu nasi liwetnya, tidak ada yang istimewa melainkan menu khas sunda. Tapi yang sangat berkesan dalam acara ini adalah para pemimpin pemerintahan di Kecamatan Cibeber bisa berbaur dengan masyarakat.

” Kami lihat di sini ada Pak Camat, Pak Kades, TNI, Polri, RT/RW dan sejumlah tokoh masyarakat,” ucapanya.

Sementara itu, Kepala Desa Cimanggu, Apendi mengatakan, alhamdulilah antusisme warga cukup meriah untuk mengadakan acara makan liwet bersama dijalan. Hal itu dilakukan untuk menjalin persaudaraan juga antar warga Cimanggu dan warga lannya. Karena sebentar lagi mau memasuki Bulan Suci Ramdhan.

” Mudah-mudahan saja acara makan liwet bersama ini bermakna. Sehingga bisa  terjalin komunikasi yang baik antar warga dengan kepala desa. Karena tanpa dukungan dan kerjasama dengan masyarakat, kami ini bukan siapa-siapa,” kata Apendi.

Dia menambahkan, digelarnya acara tersebut tidak lain sebagai bentuk rasa syukur atas selesainya pembangunan betonisasi jalan. Sehingga sekarang warga sudah bisa menikmatinya.

” Kami ucapakan terima kasih pada Pak Bupati Cianjur yang telah  membangun jalan tersebut. Kami mengharapkan juga kepada pengguna jalan dan warga yang melaluinya,  agar bisa merawat serta menjaganya,” pesan Apendi.

Camat Cibeber Ali Akbar mengungkapkan, ada sekitar dua ribuan masyarakat dari dua desa hari ini turun ke jalan untuk menggelar makan liwet bareng. Hal itu merupakan salah satu bentuk syukur mereka atas selesainya pembangunan jalan betonisasi.

” Kami sangat terharu melihat antusias warga dari dua desa hampir semua turun, dangan membawa nasi liwet yang sudah dimasak dirumah masing – masing. Yang sangat berkesan lagi, kami bisa secara langsung bertatap muka dan sekaligus bersilaturahmi dengan warga,” ujar Ali.

Selanjutnya Ali mengatakan, dengan kondisi sekarang sudah hampir sulit untuk menjalin tali silaturahmi. Tapi di Kecamatan Cibeber alhamdulilah masih terjalin dan selalu terjaga.

” Mudah -mudahan acara tersebut bisa berkelanjutan dan dijadikan agenda tahunan, agar selalu terjaga tali persaudaraan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here