Laporan :  Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – H. Sopandi (55) Warga Perumahan Bumi Mas Cianjur, Blok B7A No. 4 RT 03/17 Desa Sirnagalih Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur, meninggal dunia di salah satu Rumah sakit di Cianjur. Kuat dugaan, H. Sopandi meninggal akibat terpapar Covid-19, Jumat (23/7/2021) sekira pukul 9.00 WIB. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman milik keluarganya di Kampung Rawabango Wetan RT 02 /07 Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang.

Dimakamkannya jasad H. Sopandi di wilayah Desa Mekargalih Ciranjang, banyak warga  yang bertanya – tanya. Kenapa pemakaman jasad seseorang yang terpapar Covid itu, tidak  dimakamkan di pemakaman khusus milik Pemkab Cianjur  yang berlokasi di wilayah Kecamatan Sukaresmi.

Mengenai hal tersebut, Kepala Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang Taryat Dibrata mengatakan, memang benar, salah seorang warga Perumahan Bumi Mas Kecamatan Cilaku, meninggal dunia akibat terpapar Covid 19.

Menurut Taryat Dibrata, mulanya warga menolak pemakaman tersebut. Namun setelah dimusyawarahkan yang dihadiri Pihak Desa, MUI Desa, RW/RT dan tokoh masyarakat, akhirnya warga mempersilahkannya. Karena pemakaman tersebut milik keluarganya dan mempercayai bahwa jasad akibat terpapar Covid 19, virusnya ikut mati pula. Jadi tidak akan adanya penularan terhadap orang yang masih hidup. Artinya rantai penularannya putus.

Hasil kesepakatan tersebut, dituangkan dalam surat pernyataan kedua belah pihak yang diketahui Kepala Desa Mekargalih itu sendiri,

” Alhamdulillah setelah dimusyawarahkan akhirnya disepakati oleh masyarakat setempat,” jelas Taryat Dibrata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here