Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Penerima beras campur biji plastik yang ditemukan di Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, hingga kini terus bertambah. Mulanya hanya ditemukan di Desa Sukaratu. Sebanyak 8 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),  beberapa hari berikutnya ditemukan lagi di desa yang sama sebanyak 3 KPM dan di Desa Cibarengkok 3 KPM.

Beberapa hari kemudian ditemukan lagi beras campur plastik di Desa Sukajaya Kecamatan Bojongpicung. Sebanyak 5 KPM mendapat beras bercampur plastik. Diantaranya, Ma Encih warga Kp. Ciseupan RT 06/01, Yani, Anita, Trisnawati warga Kp Ciseupan 05/01 dan Bahrul warga Kp. Tanjung RT 06/04. Hingga jumlah keseluruhan sebanyak 18 KPM.

Seluruh KPM yang menerima beras campur biji plastik, secara bertahap diganti pihak Suplier melalui E_Warung masing-masing yang didampingi pihak Kecamatan dan TKSK.

Camat Bojongpicung Ejen Jenal Mutakin menjelaskan, berdasarkan hasil laporan dari masing masing desa, untuk sementara warga yang menerima beras campur biji plastik itu sebanyak 18 KPM. Yakni warga Desa Sukaratu 11 KPM, Cibarengkok 3 KPM dan hari ini ditemukan lagi sebanyak 5 KPM warga Desa Sukajaya.  

Ejen mengatakan, secara bertahap berasnya sudah diganti oleh pihak suplier didampingi pemilik E_Warung, pihak kecamatan, TKSK dan pihak desa masing-masing. Hal itu sesuai dengan perintah dan petunjuk dari pihak Pemkab Cianjur dan dari pihak Kemensos.

Adanya kejadian beras campur plastik, kini masyarakat Kecamatan Bojongpicung menjadi waswas. Khusnya para KPM, karena mungkin hal tersebut terulang lagi. Apalagi bagi warga yang telah mengkonsumsi nasi beras campur biji plastik itu menjadi khawatir, takut kesehatannya terganggu.

“ Mengenai diganti tidaknya suplier itu akan dimusyawarahkan terlebih dahulu karena hal tersebut sedang ditangani pihak yang berwajib, semoga permasalahan ini cepat tuntas,” uajar Ejen.

Sementara itu, Kepala Desa Sukajaya Arif Ri’fai mengatakan, memang benar, pihaknya telah menerima laporan dari staf desa, jika ada warga Desa Sukajaya sebanyak 5 (lima) KPM yang beras terdapat campura biji plastik.

KPM yang dapat beras bercampur plastik itu diantaranya, Ma Encih warga Kp. Ciseupan RT 06/01, Yani, Anita, Trisnawati warga Kp Ciseupan 05/01 dan Bahrul warga Kp. Tanjung RT 06/04. Seluruh beras yang sudah habis maupun yang tidak itu seluruhnya sudah diganti pihak suplier.

“ Mengenai barang bukti biji plastik, itu sudah sudah disetorkan pada pihak Kecamatan Bojongpicung untuk dilaporkan lebih lanjut,” ucap Arif pada awak media, Rabu (30/09).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here