Laporan : Deni Puncak

Sukabumi, metropuncaknews.com – Wakil wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., selaku inspektur upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru), Nasional Ke 59 Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2019, di halaman Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Kantor Kota Sukabumi, menyematkan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya kepada pegawai ATR BPN Kantor Kota Sukabumi. Selain itu juga, menyerahkan Sertifikat Tanah aset Pemerintah Kota Sukabumi, Selasa (24/9).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi menyampaikan, sambutan Menteri ATR BPN, Sofyan A. Djalil, diantaranya menjelaskan, peringatan Hantaru Nasional Ke 59 Tahun 2019, mengambil tema ATR BPN, menuju tata ruang dan pelayanan pertanahan yang berkepastian hukum dan modern.

“Tema ini diharapkan dapat menjadi pengingat dan penyemangat, dalam meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan dan tata ruang secara modern serta menjamin kepastian hokum,” ucapnya.

Lanjutnya, Menteri ATR BPN atas nama pribadi dan pemerintah, dirinya sangat mengapresiasi kepada seluruh jajarannya, yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan optimal, sehingga dapat mencapai target Program Strategis Nasional terutama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Disamping itu, reformasi agraria, percepatan tata ruang, pengadaan tanah, pengendalian ruang dan penanganan sengketa pertanahan juga mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan.

“Untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat secara transparan, Kementrian ATR BPN menggagas program transformasi digital, yakni pelayanan pertanahan dapat diakses oleh masyarakat secara elektronik di mana saja dan kapan saja. Sehingga menjadi efektif, efisien dan transparan. Saat ini, ada empat layanan elektronik yang dapat diakses, yakni Hak Tanggungan, Layanan Informasi, Zona Nilai Tanah, serta Surat Keterangan Pendaftaran Tanah dan Informasi Bidang Tanah,”katanya.

Sementara Kepala ATR BPN Kantor Kota Sukabumi, menjelaskan data umum pertanahan dan luas Kota Sukabumi, yakni 4.847 hektar, yang tersebar di tujuh kecamatan dan 33 kelurahan serta 355 RW dan 1.550 RT. Sedangkan bidang tanah yang terdaftar sebanyak 89.005 bidang, dan bidang tanah yang terpetakan sebanyak 85.784 bidang.

“Sementara PTSL dan Sertifikat Wakaf, masih ada lahan yang belum tersertifikasi termasuk tanah aset Pemerintah Kota Sukabumi. Ditahun 2020 ditargetkan sudah terselesaikan,”paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here