Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Sepulangnya kunjungan kerja dari SMK Negeri 1 Bojongpicung Kecamatan Bojongpicung, Cianjur, Wakil Gubernur Jawa Barat, H. UU Ruzhanul Ulum SE langsung kunjungi rumah tidak layak huni milik Nenek Mariah (80), selaku guru ngaji, warga Kampung Rawabango RT 01 /07, Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Kamis (04/03-2021).

Wakil gubernur Jawa Barat, H. UU Ruzhanul Ulum SE menjelaskan, setelah selesai melaksanakan kunjungan kerja ke SMK Negeri 1 Bojongpicung, pihaknya langsung berkunjung meninjau rumah tidak layak huni milik Nenek Mariah. Rumah tersebut dihuni bersama anak bungsunya Ade Atikah (49) juga sebagai guru ngaji anak-anak warga setempat.

Hal itu merupakan hal biasa setiap kunjungan ke daerah selalu berkunjung ke rumah warga yang tidak layak huni. Seperti halnya sekarang berkunjung ke rumah Nenek Mariah yang nota bene sebagai guru ngaji dan imam tarawih ibu-ibu.

Hal itu dilakukan, sekaligus menjalankan program Gubernur Jawa Barat mengenai pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Santunan yang diberikan pada Nenek Mariah, itu sebenarnya tidak akan mencukupi untuk merenovasi rumah Nenek Maria.

Tapi itu, hanya sekedar modal dasar saja dan untuk seterusnya pihaknya menyerahkan pada pihak Pemerintahan Cianjur, pihak kecamatan, desa dan pada masyarakat setempat.

Wagub berharap pada seluruh warga Jawa Barat yang rumahnya tidak layak huni jangan selamanya mengharapkan bantuan pemerintah saja.

“ Tapi masyarakat setempat harus mampu mengupayakannya secara lokal dan mandiri atay urun rempug,” kata UU.

Sementara itu, Kepala Desa Mekargalih Taryat Dibrata mengatakan, kunjungannya Wakil Gubernur Jawa Barat, meninjau rumah Nenek Mariah warga Kampung Rawabango, Desa Mekargalih itu, tidak adanya pemberitahuan jauh sebelumnya. Baru tadi pagi menerima pemberitahuan dari Ketua RT setempat.

Kunjungan  Wakil Gubernur Jawa Barat secara spontan atau mendadak tersebut itu, cukup bermakna. Karena tujuannya sangat positif. Yaitu untuk memberi bantuan perbaikan Rutilahu. Sedangkan sekurangnya dilimpahkan pada pihak Pemkab Cianjur dan pada pihak desa setempat.

Dengan itu, pihak Desa Mekargalih siap dan bersedia akan ikut membantu pembangunan renovasi rumah mik Nenek Mariah. Meski pun pada dua bulan, lalu pihak Desa Mekargalih bersama BPD, Bhabinkamtibmasmas, Babinsa dan masyarakat telah selesai membangun 3 unit rumah tidak layak huni. “ Termasuk dua unit rumah di Kampung Rawawabango RT 01 /07,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here