Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantar.com – Stroke Center RSUD Sayang Cianjur diresmikan Wakil Bupati Herman Suherman, Selasa(20/3).

Herman didamping Camat Cianjur Yudi Mulyono dan Dirut RSUD Sayang Cianjur dr Ratu Tri Yulia Herawati  meninjau langsung tempat perawatan Stroke Center. Tempay ini dilengakapi dengan kolam panas terapi yang memiliki kapasitas untuk 30 orang.

Herman mengatakan, persemian Stroke Center ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat Cianjur khususnya dan masyarakat luar pada umumnya.

” Stroke Center ini nantinya akan berperan mensosialisaskan pencegahan agar warga Cianjur terhindari dari penyakit Stroke,” ujar Herman, pada wartawan.

Herman mengatakan, pihaknya sudah konsultasi dengan beberapa dokter sepesialis yang nantinya akan menangani di Stroke Center ini.
” Kami sudah konsultasi dengan dokter, bahwa Stroke Center ini akan berperan mensosialisasikan pencegahan,” kata Herman.

Lebih lanjut Herman mengatakan, stroke centre menyediakan fasilitas pemeriksaan sejak dini mengenai stroke. Dari hasil analisa sementara, penyebab utama stroke adalah tekanan darah tinggi dan ada juga karena stres, merokok, dan faktor lainnya.

” Saya berharap, warga Cianjur tak terkena stroke, untuk pencegahan maka datanglah ke rumah sakit ini,” kata Herman.

Menurut dia, peralatan di stroke centre sudah cukup baik dan menunjang untuk perawatan dan pencegahan. Dia juga mengatakan, stroke centre yang dimiliki Kabupaten Cianjur juga menjadi rujukan rumah sakit stroke di Jawa Barat.

Herman menegaskan, untuk kelas III sesuai dengan arahan Bupati Cianjur, maka pelayanan digratiskan untuk warga Cianjur yang tak mampu. ” Mereka akan dijamin oleh pemerintah daerah, tapi jangan sampai yang mampu pura-pura tak mampu,” ujar Herman.

Selanjutnya, masih kata Herman, selain dari perlengkapan peralatan, stroke centre juga dilengkapi dengan sumber daya manusia dan dokter yang berpengalaman di bidangnya.

” Semoga dengan dibuka stroke centre ini bermanfaat bagi warga Cianjur khususnya dan Jawa Barat pada umumnya,” kata Herman.
Sementara, Dr Risma Pasaribu spesialis rehabilitasi medik dan sebagai kepala ruangan hidroterapi mengatakan, ada tiga alat terapi air yang terdapat di stroke centre RSUD Sayang Cianjur. Alat tersebut adalah hidropull, whiirpool dan hubertank.

” Dengan adanya media air, gerakan sendi lebih mudah dan ringan, terapi ini bisa digunakan setiap harinya selama 30 menit,” ujarnya.
Seorang pasien stroke centre yang sedang menggunakan fasilitas kolam air panas M. Gunawan (65) mengatakan, hadirnya stroke centre ini dengan fasilitas canggih bisa memudahkannya untuk melakukan pengobatan.
Warga Gang Laksana Cianjur ini mengatakan, baru pertama kali mendapat perawatan dengan metode air.

” Di sini kami selain dirawat juga diberikan semangat hidup untuk melawan penyakit,” kata Gunawan.

Di kolam air terlihat ada alat olahraga lainnya seperti sepeda yang berada di dalam air yang biasanya terlihat di tempat fitnes.
Tak jauh dari kolam terdapat beberapa ruangan yang juga terdapat beberapa bak mandi beserta dengan perlengkapannya.

Wabup Cianjur H. Herman saat berada di ruang terapy air RSUD Cianjur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here