Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Terkait dengan adanya program Indonesia Terang, Pemerintah Provinsi Jawa Barat respek luncurkan program Jabar Terang. Yaitu dengan memasang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS). Seperti halnya di Kabupaten Cianjur. Terpasang PJUTS sebanyak 1800 titik  yang menyebar di 105 desa yang ada di 20 kecamatan.

Sebagai keseriusan pembangunan PJUTS di Kabupaten Cianjur, pihak PT. Imza Rizky Jaya didampingi CV. Abhinaya, melaksanakan verifikasi dan launcing pemasangan PJUTS. Yakni dengan memasang cor beton dan angkut tiang PJUTS. Kemudian dipasang di pinggir jalan depan rumah Kepala Desa Bojongpicung. Kegiatan tersebut dihadiri pejabat Muspika Bojongpicung, pihak PT. Imza Rizky Jaya, CV. Abhinaya Mavendra Cianjur, para camat dan para kepala desa yang ada di Dapil III Cianjur.

Sekretaris PT. Imza Rizky Jaya, Jerry Julius Lumandung mengatakan, Program Indonesia Terang diluncurkan dengan memasang PJUTS secara gratis. Hal itu dimaksudkan untuk menerangi pedesaan. Termasuk menerangi jalan desa, jalan lingkungan, sarana peribadatan, pendidikan, pemakaman umum dan tempat umum lainnya yang dianggap penting oleh masyarakat pedesaan.

Ditegaskannya, pemasangan PJUTS tersebut, tidak ada kaitannya dengan politik apapun. Tidak dipungut biaya pada pihak kecamatan, desa dan masyarakat. Karena program tersebut merupakan program hibah. Namun pihak kecamatan, desa dan masyarakat dituntut untuk membantu menjaga dan memelihara PJUTS supaya awet, aman dan bermanfaat untuk masyarat itu sendiri.

“ Selain itu, kedepannya bagi desa yang belum kebagian atau yang masih kekurangan maka bantuan PJUS tersebut akan dilaksanakan pemasangan pada tahap II yang pelaksanaan pendaftarannya pada September 2020,” kata Jerry Julius.

Sementara itu, Konsultan CV. Abhinaya Mavendra H. Rudi Syahdiar menambahkan, pemasangan PJUTS disetiap jalan desa, lingkungan dan tempat umum lainnya, itu semua akan dipasang pihaknya dengan cara gratis.

Semua titik pemasangan PJUTS ditentukan pihak desa setempat. Tapi tidak diperkenankan untuk dipasang di pinggir jalan raya Nasional, proporsional dan jalan kabupaten. “ Maka demi terlaksananya pembangunan PJUTS, mohon partisipasi pihak desa utamanya untuk menentukan titik lokasi dan mohon bantuan pengamanan PJUTS yang dipasang disetiap titik,” ujar Rudi Syahdiar.

Dilain pihak, Camat Bojongpicung Ejen Jenal Mutakin mengatakan, dengan akan dilaksanakannya pembangunan PJUTS di Kecamatan Bojongpicung khususnya dan umumnya di Kabupaten Cianjur, pihaknya mengucapkan terima kasih pada pihak Pemerintahan Pusat, Provinsi, Pemkab Cianjur dan pada pihak PT dan CV yang telah peduli pada warga desa yang ada di Kecamatan Bojongpicung.

“ Semoga saja semua, itu mampu mensejahtrakan masyarakat, karena program Indonesia Terang itu bukan terang jalannya saja tapi terang sandang, pangan dan terang papannya, yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat pedesaan,” ucap Ejen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here