Stand Up Komedy Bahasa Sunda digelar DPD KNPI Kab. Cianjur di halaman gedung KNPI Cianjur

Liputan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak 20 peserta komika tingkat pelajar dan umum mulai usia 16 tahun, mengikuti “Stand Up Komedy Bahasa Sunda”. Kegiatan itu diselenggarakan pada rangkaian kegiatan workshop dan pameran bonsai 2018 di gedung KNPI Kabupaten Cianjur, Kamis (9/8).

Sebagai bahan atau tema kegiatan tersebut, berawal dari konsep dasar bahwa ” urang sunda resep banyol” (orang sunda senang guyon-Red). Selain itu juga dalam upaya memelihara dan mempertahankan bahasa daerah. Maka tercetuslah ide Stand Up Komedi bahasa sunda.

Mengadopsi dari salah satu program televisi swasta di Jawa Barat, yakni “Borangan”, yang berarti ngabodor sorangan. Ternyata sangat diantusiasi oleh kalangan remaja di Cianjur.

Hal itu, terlihat dari sekian banyak penonton yang dengan asiknya menyaksikan pergelaran Borangan tersebut.

” Ya, ide awal dilaksanakannya Borangan ini adalah upaya membangun atau mengingatkan bahwa budaya sunda yang identik dengan banyolan, yang kemudian kami kemas dengan sebuah acara, sehingga bisa melahirkan komika-komika asal Cianjur melalui pergelaran Borangan ini,” kata Rival dari DPD KNPI Kabupaten Cianjur yang juga panitia pergelaran Borangan.

Lanjut dia, dengan diadakannya pergelaran Borangan ini, diharapkan para komedian sunda asal Cianjur, bisa lebih mengembangkan lagi bakatnya.  “ Selain menjadi tren masa kini, stand up juga sudah menjadi suatu tradisi untuk bisa menghibur teman khususnya, umumnya masyarakat khalayak,” jelas Rival.

Kepada awak media Sekjen DPD KNPI Ade Yudi mengatakan, alhamdulillah rangkaian kegiatan berjalan lancar.  Adapun kendala yang ditemukan, karena serba mendadak, namun tidak jadi halangan.

“ Karena segenap jajaran panitia memiliki rasa tanggung jawab yang besar, jadi satu sama lain saling membantu dalam melakoni tugasnya,” ucap Yudi.

Pada prinsipnya, lanjut Yudi, dalam tubuh KNPI, berpedoman harus siap dipimpin dan memimpin. Dalam artian semua memiliki rasa tanggung jawab yang sama tidak saling mengandalkan. Karena orang-orang KNPI sudah digemleng sesuai karakter dan potensinya masing-masing. Selain itu juga dalam KNPI sendiri, terdapat berbagai elemen lapisan masyarakat. “ Sehingga dijuluki kawah candra dimuka,” pungkasnya.

Kabar baik dari panitia pergelaran, bagi yang masuk nominasi juara akan ditampilkan di panggung puncak pada tanggal 18 Agustus mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here