Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Ciranjang, salurkan dana bantuan pada puluhan orang  mustahiq. Seperti pada fakir miskin, sabilillah, Ibusabil, mualaf, gorim dan amilin yang ada di lingkungan Kecamatan Ciranjang. 

Penyaluran dana hasil zakat tersebut, dilaksanakan di Mesjid Arridho, Desa Mekargalih dan dihadiri Muspika Ciranjang, MUI dan para Kepala Desa yang ada di Kecamatan Ciranjang.  

Ketua UPZ Kecamatan Ciranjang, KH. Acep Nu’man menjaskan, pembagian hasil zakat fitrah pada bulan Romadhon, zakat mal dan zakat lainnya yang ditampung dari masyarakat selama satu tahun yang sebahagian lagi disetorkan pada Baznas Kabupaten Cianjur. 

Setelah itu, Baznas Kabupaten mengembalikan lagi sebahagian zakat pada UPZ masing-masing kecamatan. Intinya sekarang pembagian dana zakat tersebut, selain dari kas UPZ juga dana pengembalian dari Baznas Cinjur. 

Adanya hal itu, KH. Asep Nu’man merasa bersyukur. Karena selain dana bantuan yang sekarang dibagikan dari UPZ juga dari Baznas Kabupaten Cianjur. Bantuan tersebut diberikan pada 5 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Mekargalih, Ciranjang.

“ Kepada seluruh penerima zakat, semoga dapat memanfaatkannya sesuai kebutuhan dan semoga bermanfaat dan diharapkan pada fakir miskin yang menerima bantuan modal usaha dari zakat, semoga bermanfaat dan usahanya lebih maju,” ucap H Acep Numan. 

Sementara itu, Camat Ciranjang, Wahyu menambahkan, dengan adanya pembagian zakat pada setiap asnaf, pihaknya memberikan apresiasi pada pengurus UPZ Kecamatan Ciranjang dan pada Baznas Kabupaten Cianjur, yang telah mengalokasikan dana bantuan zakat pada asnaf yang ada. 

Selanjutnya, pihaknya, dalam waktu dekat akan menekankan pada seluruh warga Kecamatan Ciranjang yang sudah nisab untuk menyalurkannya zakat Mal, Niaga dan zakat lainnya melalui UPZ Ciranjang. Namun pihaknya juga akan memberikan dulu contoh pada masyarakat. 

Selian dirinya, juga seluruh pegawai kecamatan, para kepala desa beserta stafnya. Tiap tahun diwajibkan mengeluarkan zakat dengan disetorkan pada UPZ Ciranjang.

” Mengenai pembayaran zakat akan dibahas pada Rakor kecamatan yang akan datang, karena hal itu sangat penting dan menunjang sekali bagai yang berhak menerimanya,” ucap Wahyu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here