Evakuasi korban tertimbun longsor di galian pasir Gekbrong

Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pencarian korban terseret longsor di galain pasir lahan PT. TRIADI CIPTA GEMILANG, Kampung Awilarangan, Desa Cikahuripan, akhirnya membuahkan hasil.

Upaya pencarian korban yang dilakukan petugas, Tim SAR dan para relawan, sejak kejadian Senin ( 2/12) atau 6 hari yang lalu terus dilakukan dengan berbagai macam cara. Meski banyak kendala di lapangan, namun tak menyurutkan semangat dan upaya pencarian korban. Hingga akhirnya,kerja keras mereka itu terjawab sudah.

Di hari ke- 6, Sabtu (07/12), Saepul alias Epul (40 tahun/korban), seorang operator mesin pelampung, berhasil ditemukan . Korban ditemukan dalam posisi berdiri tertimbun lumpur dan terjepit bebatuan.

Jajaran Polsek Warungkondang, Kasat Polair, dibantu Basarnas Provinsi Jabar, BPBD Cianjur, RAFI Cianjur, Komunitas Otomotif dan Brotherhood For Nature, Sigab Persis Cianjur beserta masyarakat berhasil mengevakuasi korban dari timbunan longsor di galian, sekira pukul 15.10 WIB.

Kepada awak media, Kapolsek Warungkondang, AKP Gito, mengungkapkan, setelah genangan air berhasil dipompa keluar dari kubangan, mulai terlihat ada tangan. Korban ditemukan dalam posisi berdiri terjepit bebatuan dan timbunan lumpur.

” Setelah dilakukan pencarian selama 6 hari, akhirnya jasad korban ditemukan di kedalaman 15 meter dari lokasi longsor,” ungkapnya.

Gito melanjutkan, jasad korban belum bisa dievakuasi, lantaran masih tertimbun. Adapun upaya yang dilakukan, penggalian menggunakan alat berat.

” Proses penurunan alat berat memang cukup sulit, karena medannya curam dan terjal, hingga akhirnya membuat jalan untuk turun. Dengan upaya ini, mudah-mudahan evakuasi korban bisa secepatnya dilakukan,” pungkasnya.

Jasad korban baru bisa dievakuasi sekira pukul 15.10 WIB, kemudian dibawa langsung ke RSUD Sayang Cianjur, untuk dilakukan pemeriksaan secara medis dan otopsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here