Kegiatan Upaca Bendahara dilakukan setiap Senin di SDN SDN Kadupugur di Kampung Pasir Dengkeng Desa Cisarandi Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur

Liputan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Setiap Senin, ditiap sekolah dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera. Kegiatan itu, dilakukan pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Seperti yang dilakukan di SDN Kadupugur di Kampung Pasir Dengkeng Desa Cisarandi  Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Upacara bendera setiap hari Senin merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh murid dan guru.

Kepala SDN Kadupugur N. Imas Dewi, S.Pd mengatakan, Upacara bendera dilakukan berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).

Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.

Imas Dewi menambahkan, upacara bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa. Terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tatacara pengibaran bendera.

” Saya ambil contoh beberapa kegiatan di dalam Upacara Bendera yang memiliki nilai-nilai karakter bangsa ini, Yang pertama adalah pengibaran Bendera Merah Putih terdapat nilai-nilai luhur yang dapat ditumbuhkan dalam kegiatan pengibaran bendera diupacara tersebut, jelasnya.

Sebab, lanjut Imas Dewi, bagi petugas pengibar bendera, ada nilai gotong royong dan kebersamaan yang bisa diambil. Yaitu ketika melaksanakan tugasnya. Mereka harus terbiasa dan bisa mengharmoniskan posisi badan dan gerakan ayunan tangan serta hentakan kaki mereka.

” Salah seorang diantara petugas bendera itu tidak boleh ada yang berbeda gerakan dan sikapnya. Jika ada, maka pelaksanaan upacara benderanya bisa dinyatakan kurang baik. Hal ini dikarenakan pengibaran Sang Merah Putih merupakan ruh atau kegiatan inti dari pelaksanaan Upacara Bendera,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here