Seleksi perangkat desa

Laporan : Cece

Cianjur,metropuncaknews.com – Untuk mengisi kekosongan perangkat Desa Cieundeur Kecamatan Warungkondang Cianjur, Panitia Penjaringan Perangkat Desa Cieundeur telah menetapkan 9 calon perangkat desa. Hal tersebut ditetapkan setelah panitia dan panwas melakukan verifikasi berkas yang dilaksanakan di Kantor Desa Cieundeur, Jum’at (30/08) pekan lalu.
Proses verifikasi, dilakukan oleh panitia yang terdiri dari unsur Polri dari Polsek Warungkondang, Korwilbidik, serta beberapa staf dari Kecamatan.
Camat Warungkondang Candra Dwi Kusumah memaparkan, sebagai camat tentunya sangat mengapresiasi penuh atas usulan dari para kepala desa mengenai penjaringan dan penetapan perangkat desa dengan melaksanakan seleksi.
” Ada tiga kekosongan formasi yang mana sebelumnya saya sudah menerbitkan mekanisme kepada para kepala desa untuk mengkonfirmasikan bila ada kekosongan perangkat, “tuturrnya.

Lanjut Candra, sebelum dibentuk panitia pelaksanaan penjaringan perangak di desa, terlebih dahulu pihaknya membentuk panitia pengawas dari kecamatan.
” Ada pun fungsi dari tugas panitia ini untuk mendampingi dan mengarahkan juga mengawasi jalannya acara tersebut, pada tahapannya nanti, baik itu dalam pembentukan panitia ataupun tahapan kerja panitia,” jelasnya.
Menurut Chandra,  untuk desa Cieundeur ini sudah sesuai peraturan daerah dengan dijalankan mekanismenya. Sebelumnya ada pengumuman dari kepala desa untuk melaksanakan acara penjaringan dan penetapan perangkat desa jabatan dan membentuk panitia untuk segera mengadakan penerimaan perangkat baru.
Sementara itu, Kanit I Polsek Warungkondang Ipda Hendrawan dalam arahanya mengatakan, dalam proses pra penjaringan, tes dan pelantikan nanti harus tetap bisa menjaga Kamtibmas yang kondusif.

” Saya tidak mengininkan dalam proses penjaringan perangkat desa nantinya ada masalah yang bergesekan dengan hukum, dengan adanya seleksi untuk perangkat desa. kami selaku pengawas dalam hal ini sangat menyambut baik karena mekanisme yang berjalan untuk penjaringan calon ini betul betul dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada. Dan saya berharap dengan dilaksanakannya seleksi perangkat desa ini akan berjalan dengan baik dan roda Pemerintahan di Desa Cieundeur, akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara Pjs Kepala Desa Cieundeur, Asep Kusnadi mengatakan, berdasarkan peraturan bupati dan hasil keputusan panitia diketahui bahwa untuk calon perangakat desa sebanyak 9 orang. Termasuk untuk posisi Kepala Urusan Umum (Kaur Umum) dan kepala dusun Desa Cieundeur.

” Para calon perangkat desa tersebut akan mengikuti seleksi yang diselenggarakan di aula Desa Cieundeur dengan sistem tes tertulis, wawancara dan pemahman Bidang ITE dari hasil penjaringan itu diketahui peserta lulus tes seleksi dipanjaringan dan penetapan perangkat desa ini ada 3 orang,” jelas Asep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here