TPT yang sedang dibangun di Desa Gasol

Laporan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintah Desa Gasol Kecamatan Cugenang, Cianjur, membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di Jalan Desa Kampung Longkewang. Dibangunnya TPT tersebut, untuk menghindari limpahan air yang naik ke badan jalan, sehingga membuat jalan cepat rusak.

Adapun pelaksanaan pembangunan TPT di jalan Longkewang tersebut, memiliki volume 365.00 Meter dengan ketinggian variatif (tergantung Medan, red). Untuk pembiayaannya diambil dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018 dengan total biaya Rp. 109.036.700,00 (seratus sembilan juta tiga puluh enam tujuh ratus rupiah),  Pengerjaannya dilaksanakan oleh masyarakat setempat dibawah pengawasan TPK Desa Gasol.

Saat ditemui dilokasi pembangunan, Jaja salah seorang pegawai mengatakan, masyarakat sangat antusias menyambut pembangunan TPT ini. “ Terlebih akan dilakukan pelebaran jalan oleh pemerintah desa,” ucapnya, Senin (16/10) di Longkewang.

Ditemui terpisah Kepala Desa Gasol Angga Kartiwa  embenarkan, dibangunnya TPT tersebut bertujuan untuk pelebaran jalan serta menghindari limpahan air yang mengakibatkan kerusakan jalan.

” Pembangunan TPT yang sedang berjalan saat ini adalah sebagai pondasi penguat badan jalan dan untuk meminimalisir kerusakan jalan, karena kedepannya akan dilakukan pelebaran jalan, selain itu juga untuk mengantisipasi melimpahnya air sungai kebadan jalan yang berdampak perusakan jalan karena tergerus air saat banjir,” kata Angga.

Lebih lanjutnya Angga mengatakan, melayani masyarakat dan memprioritaskan kepentingannya dalam memajukan perekonomian daerah adalah tugasnya  selaku pemerintah desa. Maka dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat, pihaknya terapkan sesuai dengan yang sudah diamanahkan. “ Seperti diantaranya membangun fasilitas umum berupa pembangunan jalan berikut TPTnya,” ungkap Angga.

Selanjutnya Angga menghimbau pada masyarakat, supaya mau memelihara dan menjaga hasil pembangunan yang didanai oleh DD ADD dan Banfrov yang berada di wilayah Desa Gasol. “ Karena dibangunnya wilayah tersebut adalah untuk menopang kelangsungan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here