Benih padi Varietas IPB 3S tahan wereng dan tahan hama penyakit lainnya juga hasil panennya cukup mengembirakan

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk meingkatakan kualitas hasil pertanian para petani, pemerintah telah memprogramkan berbagai cara penanam padi yang dan benar. Mulai dari cara pola tanam, pemupukan, pengendalian hama dan cara mengunakan benih varietas padi unggul yang berkualitas.

Seperti halnya yang dilakukan  Penangkaran Benih Padi Unggul Sejahtra di Desa Hegarmanah, Kecamatan Bojongpicung, Cianjur Jawa Barat, bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), menanam benih padi Varietas IPB 3S.

Varietas IPB 3S ini, selain tahan wereng dan tahan hama penyakit lainnya  juga hasil panennya cukup mengembirakan bagi para petani, Selain itu, varietas IPB 3S bila dikonsumsi dijadikan nasi, memiliki rasa, aroma yang khas, enak dan pulen.

Manager Penangkar Padi Unggul Sejahtra, Alvis Fenrian menjelaskan, kerja sama dengan IPB menanam benih padi varies IPB 3S, itu berawal dari petunjuk pihak pemerintah. Karena IPB telah menciptakan benih padi baru yang diberi nama Varietas IPB 3S.

Setelah ditanam dilahan seluar 25 Ha, ternyata pertumbuhan varietas IPB 3S cukup menggembirakan. Karena selain tahan wereng juga buah permalainya cukup berisi dan banyak. Terbukti mampu mendapat hasil  6,5-7,2 ton per hektarnya. Hingga padi  varietas  IPB 3S benar menguntungkan para petani, karena hasilnya jauh berbeda dengan  dibanding varietas lainnya.

Maka dengan adanya itu, hasil seluruh benih padi Varietas IPB 3S hasil penangkarannya, habis laku dijual ke setiap petani lokal mau pun dibeli para memilik kios-kios sarana pertanian (saprotan) yang ada disetiap daerah di Provinsi Jawa Barat.

Pada musim tanam ke II sekarang ini, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan beberapa kelompok tani (Poktan) penangakaran yang ada di Kecamatan Bojongpicung, Ciranjang dan Poktan penangkaran di Kecamatan Haurwangi.

“ Diharapkan, pada musim tanam ke I tahun 2019 mendatang, seluruh petani serempak menanam padi Varietas IPB 3S yang hasilnya cukup menggembirakan para petani,” ucap Alvis.

Sementara itu, Ketua Penangkaran Gapoktan Lima Sekawan, Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang,  A.Saepudin mengatakan, pihaknya mengaku pada musim tanam ke 1sekarang, telah bekerja sama dengan Penangkaran Benih Padi Unggul Sejahtra. Yaitu dengan menamam padi varietas IPB 3S, di sawah seluas, 1,5  Ha.

Varietas IPB 3S itu merupakan benih padi varietas baru, yang diciptakan IPB. Selain memiliki daya tahan dari serangan hama Wereng juga memiliki keunggulan dalam pertumbuhan perumpun. Buah pada mali cukup banyak, hingga permalinya terhitung 350-500 bulir padi dan rendemennya cukup bagus. Hingga hasil panennya cukup mengembirakan. Yaitu, rata-rata per hektarnya mampu mendapatkan 7,2 ton.

Karena itu, pada musim ke II tahun 2018, seluruh para petani di setiap Poktan yang ada dibawah naungan Gapoktan Lima Sekawan, sudah siap akan menanam padi varietas IPB 3S. “ Hasil panennya nanti akan dibeli pihak Penangkaran Unggul Sejahtra dengan harga diatas harga pasaran biasa,” kata A. Saepudin, pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here