Ribuan karyawan PT. San San Saudaratex Jaya lakukan aksi unjukrasa

Liputan : Yatiman

Cimahi, metropuncaknews.com – PT San San Saudaratex Jaya di Jalan Cibaligo Cimahi, didemo ribuan karyawannya yang tergabung di tiga serikat buruh. Yaitu, SBSI 1992 921 San San 1A dan 1B, PK SBI 92 San San VI serta SPTSK SPSI Puk Tsk San San 1, Jumat (10/8).

Para pendemo menuntut perbaikan waktu kerja dan ada 10 poin tuntutan lainnya. Diantaranya, perundingan PKB segera direalisasikan, perbaikan sistem kerja, sarana ibadah yang layak, hilangkan sistim kerja beldog, hilangkan intimidasi dalam kerja.

Menurut keterangan, aksi demo itu dilakukan sebagai buntut dari kurang bijaknya pihak pabrik dalam hal ketanaga kerjaan. Termasuk ,jam kerja, upah dan masih banyak hal lain yang dirasa belum sesuai oleh karyawan pabrik.

Ketatnya sistem pengawasan pabrik hingga membuat hak-hak asasi karyawan pabrik banyak yang terabaikan. Selain itu, sarana ibadah untuk karyawan pabrik juga belum sepenuhnya diberikan.

Untuk itulah, ribuan karyawan menuntut perbaikan disegala bidang. Seperti yang tertuang dalam sepuluh tuntutan dari para karyawan yang tergabung dalam demo tersebut.

Menurut orator demo Hendriawan, jika hari ini tidak ada hasil dan tanggapan demo, besok akan dilanjutkan dan jumlah peserta yang lebih banyak lagi. Karena karyaean San San 5 juga akan turut bergabung.

Setelah karyawan di bubarkan, perwakilan serikat berunding mengenai 10 tuntutan bersama Budi (anak dari pemilik perusahaan San san Saudaratex Jaya). Karena Owner MG Gunaras Danubrata sedang berada di luar Negri.

Beberapa tuntutan dibahas. Hasilnya, sarana ibadah akan dibangun, PKB pun telah diatur dengan subtansi perunding 5 poin dan sanksi sanksinya. Selain itu,  turut dievaluasi dan tuntutan yang lainnya isi dari PKB otomatis ketika perundingan PKB  berjalan akan terbahas, surat Risalah bifartit besok selesai ditangani ke dua belah pihak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here