Foto bersama: Ketua Umum KSBN Mayjen TNI (Purn) Drs H. Hendardji Soepandji, SH (tengah denga baju hitam) diantara penari “RATU SEWU NEGORO” dari Pandji Wiratama dengan Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN)

Laporan : Djaka Kumara

Mojokerto, metropuncaknews.com – Bangsa yang besar adalah yang tidak melupakan sejarah. Salah satu sejarah besar Indonesia adalah Trowulan, situs kota yang dahulu konon katanya merupakan pusat kerajaan Majapahit.

Trowulan sebagai Ibukota Majapahit tercantum dalam kakawin Nagarakretagama oleh Prapanca dan tercatat dalam karya Thomas Stamford Raffles, The History of Java.

Dalam mengenang sejarah kejayaan Majapahit, masyarakat Trowulan setiap tahunnya mengelar acara yang bernuansa budaya.

Fetival Trowulan Majapahit peringatan Hari jadi Majapahit ke-725, tahun 2018 ini digelar masyarakat setempat setiap akhir pekan.

Tema : Hambrantas Dur Hangkara Jaya Jaya Wijayanthi Nusantara ” Bangkitnya Nilai-Nilai Majapahit untuk Kejayaan Nusantara” tampil semarak diakhir pekan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November.

Dalam gelaran pada Sabtu 10 November 2018 diantaranya Jelajah Pusaka Majapahit Lelono pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00.WIB dan pada pukul 19.00 hingga sekira pukul 23.00 WIB. Beberapa kegiatan berlangsung diantaranya: Kirab Budaya, Doa Lintas Agama, Lounching Buku”Majapahit 700+25, Gelar Seni dan Orasi Budaya (“Bangkitnya Nilai-Nilai Majapait untuk Kejayaan Nusantara”

Tampilnya tari “RATU SEWU NEGORO” oleh pelaku seni tari dari Pandji Wiratama dengan Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) cukup menyedot perhatian pengunjung di Trowulan Mojokerto, Jawa Timur Sabtu malam dalam rangka HUT Majapahit ke 725 tersebut.

Suksesnya pertunjukan malam itu atas Kolaborasi KSBN dengan panitia HUT Majapahit ke 725.

Tampilnya KSBN membawakan tari Ratu Sewu Negoro yang melambangkan hadirnya Seribu wilayah di Nusantara untuk saling bersinerji dan bekerjasama mengembangkan negara demi terwujudnya kesatuan nusantara, saling asih asah asuh dalam latihan bela negara.

Sementara Official yang terlibat Ketua Umum KSBN Mayjen TNI (Purn) Drs H. Hendardji Soepandji, SH, Sekjen KSBN Ibu Enny Sardiyarso dan Ketua Sanggar Panji Wiratama  Ibu Yekti Tri Wahyuni.

Kerjasama dengan Panitia HUT Majapahit akan dilanjutkan pada tahun mendatang di tempat yang sama.

“ Terima kasih pada semua penari pandji wiratama yang telah tampil prima pada HUT Majapahit ke 725 di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur diantaranya Mas Darmono, Mbak Ati Bob, Mbak Nungky, Mbah Diah Tedja, Mbak Iut, Mas Hary, Mas Tyok dan Mas Budi, Insha Allah KSBN akan ikut dalam kepanitian. ” ujar Enny Sardiyarso. (Ikh).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here