RD yang dipasung selama 3 tahun berhasil dibebaskan untuk mendapat perawatan media

Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Tim Relawan Kemanusian (TRK) kembali membebaskan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dari pasung selama tiga tahun. ODGJ ini adalah remaja berinisial RD (18)  warga Kampung Ciremis Kidul RT 01/05 Desa Ciwalen Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. RD mendapatkan pertolongan dari Tim Relawan Kemanusian (TRK) Kabupaten Cianjur dan evakuasi dilakukan pada Rabu (5/12) kemarin.

enurut keterangan, TRK mendapatn lapor dari pihak Puskemas beserta tim Kesehatan Jiwa (Keswa) PKM Warungkondang. Selanjutnya laporan tersebut, ditindak lanjuti, lalu ditembuskan ke “Tim Kesejahteraan Sosial (TKS) Kecamatan, serta kepada  pemerintahan desa setempat, maupun Camat,” ujar Verawati dari tim TKR saat dihubungi Kamis (6/12) kemarin.

Lebih lanjut Vra mengatakan, aksi ini sebagai bukti kepedulian relawan juga pemerintahan, untuk menyambut Cianjur bebas pasung Menuju Indonesia Sehat Jiwa. “ Selain itu, juga merupakan kado istimewa untuk seluruh relawan dimanapun berada dihari Relawan Internasional.” ucapnya.

Langkah selanjutnya, RD akan dibawa ke Panti Sosial Aura Welas Asih Sukabumi. Setelah itu akan dibawa ke RSMM Bogor, untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan medis. “ Kemudian, pasca pengobatan pasien akan kembali ke panti untuk menjalani rehabilitasi,” jelas Vera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here