Warga Kecamatan Gekbrong datangi kantot kecamatan untuk melakukan aksi penolakan tambang emas

Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Tolak aktivitas explorasi maupun eksploitasi tambang emas, ratusan warga Desa Cikahuripan Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur gruduk kantor Camat Gekbrong, Senin (29/10). Hal itu dilakukan warga guna menyampaikan aspirasinya. Dalam aksi penolakannya tersebut,  warga berorasi dengan membentangkan poster penolakan terhadap aktivitas eksplorasi yang dilakukan PT Cianjur Giri Kencana (CGK).
Penolakan ini dilakukan lantaran dinilai meresahkan masyarakat. Warga khawatir jika proses eksplorasi tersebut terus-menerus dilakukan hingga eksploitasi, justru akan merusak lingkungan dan bisa mengancam keselamatan masyarakat setempat.

” Dalam aksi ini, kami meminta komitmen pada pihak Pemerintahan Kecamatan Gekbrong untuk tidak memberikan izin rencana eksploitasi dan  eksplorasi penambangan emas yang dilakukan PT CGK di kawasan Gunung Kancana. Karena itu aktivitasnya harus segera dihentikan, “ Pasalnya kegiatan tersebut  dinilai sangat minim sosialisasi khususnya kepada masyarakat setempat,” ungkap Eka Pratama, salah satu kordinator aksi saat dikonfirmasi awak media.
Menurut keterangan, warga Gekbrong sepakat untuk menolak adanya aktivitas eksplorasi tambangan emas di daerahnya.

” Dari hasil hearing antara warga dengan, pemerintah kecamatan telah sepakat dan memutuskan akan menolak rencana eksploitasi tambang emas yang dilakukan PT tersebut,” pungkasnya.

Camat Gekbrong, Adang Sumaryadi, SH, M.Si mejelaskan, pada awalanya pemerintah kecamatan kedatangan Direktur PT Giri Kencana meminta untuk memfasilitasi kaitan dengan eksplorasi pertambangan emas di wilayahnya. Selain itu untuk izin eksplorasi PT Giri Kencana ini yang surat izinnya langsung dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat Pada Tanggal 22 Januari 2018.

Mengenai masalah perizinan tersebut, dari tahun 2008 hasil kajian para konsultan dari PT Giri Kencana, karena banyaknya potensi di Gunung Kancana dari 3 wilayah desa. Diantaranya Desa Cikahuripan, Sukaratu dan  Cinta Asih.

” Untuk itu semua aspirasi atau harapan yang telah disampaikan warga telah kami setujui terkait penolakan eksploitasi atau pemanfa’atan tempat di wilayah masyarkat itu sendiri,” kilah Adang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here