Apel gabungan, kesiapan amankan arus mudik dan arus balik lebaran 1439 H

Liputan : Yatiman

Bandung,metropuncaknews.com – TNI – Polri menggelar apel gabungan Pasukan Operasi  Ketupat Lodaya – 2018. Apel gabungan ini diselenggarakan sebagai kesiapan TNI-Polri  amankan arus mudik dan arus lebaran. Apel gabungan tersebut dilaksanakan di depan Gedung Sate Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (6/6)

Apel gabungan gelar pasukan ini mengusung tema, ” Kita tingkatkan sinergi TNI – Polri dan intansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul  Fitri 1439 H “.

Kapolri pada sambutan tertulisnya yang bacakan Wakapolda Jabar Brigjen Pol Drs. Supratman mengatakan, operasi ketupat lodaya lebaran tahun ini  dilaksanakan selama 18 hari dari tanggal  7 sampai dengan 24 Juni 2018.

Sedangkan pelaksaannya adalah peningkatan kewaspadaan yang harus diperhatikan. Diantaranya stabilitas harga kebutuhan pokok, kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran serta pengamanan tempat ibadah dan pengamanan objek – objek vital.

Dalam pelaksanaannya, pasukan gabungan akan melibatkan 1000 Personil TNI –Polri. Yakni terdiri dari Kodim 0618/BS 1 SSK, 1 Pleton Pomdam III/Slw, 1 Pleton dari Gartap II Bandung, 1 Pleton dari Lanud Husein Sastranegara, 1 Regu dari Korps Paskhas TNI AU, 1 Regu dari Lanal Bandung, 1 SSK dari Dit Sabhara Polda Jabar, 1 SSK dari Brimob Polda, 1 SSK dari Dit Sabhara Polrestabes Bandung, 1 Pleton dari Dit Reskrim umum/Sus Polda Jabar, 1 Pleton dari Intelkam Polda Jabar, 1 Pleton dari Dit Lantas Polda Jabar, 1 Pleton dari Dit Lantas Polrestabes Bandung, 1 Regu dari Satpol PP Prop. Jabar, 1 Regu dari Dishub Prop Jabar, 1 Regu dari Senkom Jabar, 1 Pleton dari Basarnas Jabar dan 1 Pleton dari Dit Pol Air.

Ada pun tujuan Apel Pasukan Ops Lodaya 2018 ini untuk memberikan perlindungan dan pengayoman serta  kenyamanan terutama untuk kelancaran arus mudik dan balik lebaran.

Selain itu untuk tetap meingkatkan sinergisitas TNI -Polri dan intansi terkait untuk bersama-sama menjaga kondisi Kota Bandung agar tetap kondusif.

Hadir pada apel gabungan gelar pasukan operasi lodaya 2018 diantaranya Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurcahyanto, M.Sc, Kasgartap II/Bandung Marsma TNI Taspin Hasan, Kabinda Jabar yang diwakili oleh Kolonel Inf Silaban, Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bayu Hendra Permana, Kadishub Prov. Jabar Andre, Danlanal Bandung Kolonel Laut Sunar, Kasdim 0618/BS Letkol Inf Momon, Ketua Komisi I DPRD abar Syahrir  mewakili ketua DPRD Prop. Jabar dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here