Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati jajaran TNI AD dengan turun ke sungai. Tujuannya tak lain adalah sapu bersih sampah yang ada di aliran sungai. Seperti yang dilakukan pada Kamis (28/2) kemarin.

Dalam sepekan terakhir ini, nampak pihak TNI AD gencar melakukan pembersihan aliran sungai. Hal tersebut memang perlu dijadikan suri tauladan oleh masyarakat.

Kepada awak media Babinsa Benjot. Sertu Dadang Suhendi mengatakan, untuk menyelamatkan lingkungan dalam hal ini pihaknya sebagai abdi masyarakat yakni Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas gencar mensosialisasikan dan bekerja nyata di lingkungan.

” Ya, komit tiga pilar Desa Benjot, kita buktikan dengan melaksanakan giat-giat sosialisasi dan bekerja nyata, seperti membersihkan tumpukan sampah di aliran sungai Cibanteng Kampung Salaeurih RT 02/01, agar bebas sampah dan warga sadar akan kebersihan demi mewujudkan masyarakat sehat,” ungkapnya.

Masih di lokasi kegiatan HPSN di Sungai Cibanteng, Danramil  0805/Cugenang Kapten Arm Sulur, mengajak seluruh lapisan masyarakat dari mulai pengusaha, pejabat, aparat dan masyarakat, untuk lebih peduli lingkungan.

” Kebersihan kan tanggung jawab semua, jadi jangan hanya TNI saja dong. Nah maka dari itulah melalui HPSN ini, saya mengajak dan mengimbau pada seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan lingkungan yang bersih,” imbuhnya.

Sementara berdasarkan hasil laporan dari rekan-rekan media di Cianjur Selatan, pada hari yang sama, didapati kegiatan Koramil 0608-15/Sidangbarang yang bersinergi dengan  Pemuda Pancasila (PAC) Sindangbarang  dan warga melakukan gotong royong membersihkan lingkungan. Terutama di aliran sungai dan sejumlah titik lokasi yang terdapat banyak tumpukan sampah.

Kegiatan tersebut, dihadiri  Muspika dan pemerintahan desa setempat. Tujuannya, agar masyarkat peduli terhadap lingkungan dan mengelola sampah dengan baik dan benar agar hidup sehat juga bernilai.

Pengurus Pemuda Pancasila (PAC) Sidangbarang, Opik Raksa Nugraha mengajak, masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai, atau tempat sembarangan lainnya. Karena, akan berbahaya bagi lingkungan dan juga bagi kesehatan. Artinya, tumpukan sampah bisa jadi sarang berbagai penyakit.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019. Selain tujuan positif, untuk kepentingan publik juga ajang silaturahmi. Karena kalau TNI bersama rakyat pasti kuat. Bersih secara gotong royong selalu digelar setiap satu bulan sekali.

” Maka itu kita semua bergerak menyelenggarakan kegiatan bersih-bersih di lingkungan sekitar hingga sampai ke hulu atau bantaran sungai,” akunya.

Sementara, Danramil 0608-15/Sidangbarang, Kapten Caj Sujarwo mengatakan, lingkungan harus dijaga dengan baik. Jangan sampai tercemar, kalau tidak demikian akan mengundang berbagai penyakit. Karena ini kewajiban bersama untuk saling memahami dan mengerti.

” Ayo mari kita jaga lingkungan untuk dikelola dengan baik biar sehat dan bagaimana caranya bisa bernilai,” pintanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here