Bulan Ramadan telah tiba. Saat seluruh umat Islam menjalankan puasa dengan penuh ikhlas. Selama belasan jam orang muslim wajib menahan haus lapar dan hawa nafsu.

Kesulitan itu harus dihadapi sampai saat waktu buka puasa. Namun terkadang yang menjadi tantangan terberat di hari-hari pertama puasa ialah menahan haus. Berikut tips dari berbagai sumber agartidak mudah haus selama berpuasa :

1. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Agar tidak mudah haus selama menjalankan puasa, perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran. Sebab buah dan sayuran, selain menyediakan berbagai nutrisi juga serat yang bermanfaat.

Di dalam buah dan sayuran juga terkandung mineral dan gula alami yang memastikan tubuh kita selalu berenergi selama berpuasa hingga tiba waktunya berbuka.

2. Atur pola minum

Haus salah satu tantangan berat saat berpuasa. Oleh karena itu supaya tidak mudah haus saat berpuasa harus pintar mengatur pola minum.

Caranya dengan minum 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat makan berat, 2 gelas sebelum tidur dan dua gelas di saat sahur. Jangan minum berlebihan atau sekaligus, karena dapat menyebabkan perut kembung dan mempercepat keluarnya cairan dari dalam tubuh.

3. Batasi konsumsi makanan asin dan pedas

Ketika berpuasa Anda harus membatasi mengonsumsi makanan asin dan pedas. Sebab, jenis makanan ini akan menarik banyak sekali cairan dari dalam tubuh sehingga akan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi.

Jadi perhatikan benar asupan kedua jenis makanan tersebut saat berpuasa jika tak ingin cepat haus.

4. Hindari minuman berkafein saat sahur

Minuman berkafein semisal kopi, teh dan minuman bersoda sebaiknya dihindari saat sahur. Bukan tanpa alasan, minuman berkafein bersifat diuretik yang artinya dapat meningkatkan sekresi urine atau buang air kecil.

Akibatnya tubuh akan cepat dehidrasi. Jika pun ingin menikmatinya, minum saja di saat berbuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here