Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Guna mengoptimalkan pelayanan pasien dan keluarga pasien, Tim Relawan Kesehatan RSUD Sayang Cianjur, sediakan Rumah Singgah Pasien (RSP) gratis bagi keluarga miskin.

Pengadaan unit RSP tersebut, diinisiasi langsung oleh para relawan pendamping kesehatan warga Cianjur.

Ide awal disediakannya RSP tersebut, karena melihat banyaknya keluarga pasien yang menunggu di sudut-sudut rumah sakit. Hal itu justru akan mendatangkan penyakit-penyakit baru bagi si penunggu pasien. Melihat kondisi yang seperti itulah, tim relawan kesehatan berinisiasi menyediakan RSP tersebut.

RSP tersebut beralamat di Gg. Panayungan Kelurahan Bojongherang Cianjur. Memang masih membutuhkan bantuan dari Pemkab Cianjur melalui dinas terkait. Karena, selama ini pengadaan RSP, masih membiayai sendiri. Padahal pihaknya sudah beberapa kali mengajukan permohonan bantuan, namun hingga saat ini tak ada respon.

Adalah Cece Sutisna alias Kang Doprit salah seorang penggagasnya mengatakan, RSP ini sudah ada hampir satu tahun setengah, dengan biaya murni hasil swadaya para relawan.Tidak menggunakan dana dari pemerintah.

” RSP ini gratis, bila memang ada masyarakat (pasien) dari dalam atau luar Cianjur, yang berobat ke RSUD Cianjur, namun tidak punya biaya untuk menginap atau tidur selama pasien dirawat, silahkan saja pakai RSP yang sudah disediakan,” katanya, Kamis (30/8).

Pihak pengelola menyebutkan, RSP ini sewa perbulannya sekitar Rp1,5,- juta, uangnya berasal dari sumbangan beberapa relawan kesehatan (pendamping).

Selain itu, masyarakat memang belum mengetahui, bila Timkes RSUD Sayang Cianjur, mempunyai fasilitas yang terbilang memadai. Seperti diantaranya, memiliki beberapa kamar tidur,  dapur dan kamar mandi (WC). Semua fasilitas sudah disediakan secara cuma-cuma, bagi warga Cianjur yang sakit dan kemudian berobat.

” Tidak hanya gratis menginap saja, pasien yang bersangkutan juga mendapatkan pelayanan lainnya, seperti makan dan minum,” jelas Cece.

Bendahara RSP Awanah (40) membenarkan, warga Cianjur atau pasien yang hendak berobat ke RSUD Cianjur, yang membutuhkan bantuan kekurangan biaya, silahkan saja datang ke RSP gratis. Artinya tidak dipungut biaya satu rupiah pun. Karena pihaknya bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan untuk membantu warga tidak mampu yang memerlukan pendampingan kesehatan.

” Dalam sehari ada sekitar dua sampai tiga pasien, kalau seminggu bisa mencapai puluhan dengan berbagai macam penyakit yang kita bantu sesuai kemampuan. Nah, dengan pendampingan kesehatanlah kami bantu warga yang memang tidak mampu itu,” ujarnya.

Sementara, Dadan (30) salah seorang relawan RSP mengharapkan, adanya bantuan dari Pemkab Cianjur melalui dinas terkait. Karena memang selama ini masih belum ada bantuan dari pihak manapun. Untuk diketahui,  RSP ini murni hasil gagasan atau ide dari para relawan Cianjur.

” Sebelumnya memang sudah mengajukan ke beberapa anggota DPRD Cianjur. Namun tak satu pun yang merespon, terbukti hingga saat ini masih belum ada kepedulian gerakan sosial dan kemanusiaan dari pihak terkait,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here