Tim Pemenangan Ananda Tohpati

Laporan : Shandi

Bogor,  metropuncaknews.com – Tim pemenangan Ananda Tohpati Bakal Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III dari Partai Nasdem, mengadakan acara syukuran sekaligus peresmian Ananda Tohpati Center. Pada kegiatan itu juga diadakan silaturahmi dengan warga sekitar di posko pemenangan di Jalan Dadali RT. 03/07 No. 07 Tanah Sereal Bogor Kota, Jumat (31/8).

Ananda Tohpati dikenal sebagai anak muda dan juga aktivis pemerhati dan pegiat lingkungan yang pada era milenial sekarang ini, memang dibutuhkan sosok pemuda yang penuh semangat,  energik serta berpihak pada rakyat. Terutama dalam kontek pemberdayaan dan advokasi terhadap lingkungan.

Diyakini rekan seperjuangannya, sosok Ananda memiliki wawasan serta gagasan yang konstruktif, terkait upaya penjagaan, pemberdayaan dan pelestarian  lingkungan. Baik dalam ranah regulasi maupun dalam urusan teknisnya.  Beberapa gagasan Ananda sudah di wujudkan dalam berbagai aksi dan kegiatan yang dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Saat ditemui awak media, Ananda Tohpati mengatakan, visi misinya sebagai calon legislatif adalah memang lebih fokus ke lingkungan. Seperti diantaranya tentang bagaimana agar lingkungan terbebas dari sampah. Penanggulangan dampak kerusakan hutan, rekonstruksi fungsi sungai dan penyadaran tentang pentingnya menjaga alam lingkungan. Demi keberlangsungan hidup bersama yang aman,  bersih, sehat, nyaman dan harmoni, yang semua itu memerlukan Regulasi dan sistem pengelolaan yang baik dan tepat.

Selanjutnya Ananda mengatakan, saat ini memang sedang konsen ke lingkungan Jawa Barat. Terutama yang ada di Cianjur. Sebab berita tentang musibah banjir di Cianjur, itu  akibat kerusakan dan hilangnya fungsi sungai,  hutan dan ekologi yang rusak.

“ Itu sangat mengusik saya dan memunculkan panggilan dari diri saya untuk berbuat sesuatu yang saya mampu,  demi pencegahan terhadap ancaman bencana serta perbaikan terhadap kerusakan dan hilangnya fungsi yang tadi saya sebutkan,’ tandasnya.

Pernyataan itu bukan tanpa alasan,  sebab Ananda Tohpati,  sudah melakukan observasi langsung bersama rekan rekan aktivis dan pegiat lingkungan  yang memang ada dalam jejaring koordinasinya. Turun ke Sub Das Sungai Citarum,  berkunjung dan melakukan penyuluhan serta edukasi terkait sampah di beberapa lembaga pendidikan. Menyusuri hutan-hutan di lingkungan wilayah Kabupaten Cianjur,  menyelenggarakan seminar serta menyusun data base terkait lingkungan di Cianjur.

Ananda menambahkan,  upaya upaya perbaikan lingkungan sudah harus melangkah pada tindakan tindakan konkrit. Bukan hanya sekedar imbauan dalam bentuk slogan,  tagline, spanduk,  banner atau stiker yang itu sudah sering dilakukan dari waktu ke waktu.

Tindakan konkrit yang Ananda Tohpati maksudkan adalah, turun langsung ke grassroot,  door to door ke tengah tengah warga. Melakukan pelatihan pemilahan pengelolaan sampah, bekerja sama mencegah pembuangan sampah ke sungai dengan membuat semacam pos penjagaan bersama. TErutama untuk sungai-sungai yang ada di wilayahnya, serta membuat pola komunikasi dan koordinasi dengan elemen-eleman masyarakat. Baik secara individu maupun jejaring organisasi masyarakat yang ada.

Terakhir,  Ananda Tohpati mengatakan, perlu  kesadaran dan kepedulian semua masyarakat dalam upaya perbaikan lingkungan. Tanggung jawab bersama untuk mendukung secara total kebijakan pemerintah terkait hal ini. Untuk itulah,  Ananda Tohpati terpanggil untuk melakukan sesuatu,  yang dalam ini adalah mencalonkan diri nya menjadi anggota legislatif.

” Saya memutuskan untuk masuk ke dalam sistem pemerintahan yang ada,  sehingga saya akan memaksimalkan diri saya untuk memanfaatkan jabatan nantinya,  demi terwujudnya visi misi saya,” jelas Ananda Tohpati.

Selanjutnya Ananda menegaskan, kita butuh regulasi dan pengawasan yang sangat ketat bagi ikhtiar mulia ini. Upaya ini harus benar benar padu dan menyatu. Masyarakat,  organisasi pegiat lingkungan,  tokoh dan aktivis lingkungan,  pemerintah terkait,  para alim ulama serta seluruh instrumen lainnya harus bergandengan tangan. Sinergis dan konsisten,  demi tercapai nya wujud lingkungan alam yang ideal dan bermanfaat bagi kehidupan bangsa Indonesia.

“ Dalam kontek yang khusus,  saya ingin Cianjur tidak lagi menjadi daerah dengan tingkat kerjanya bencana tertinggi di Jawa Barat. Saya berharap rakyat Cianjur terpanggil,  berjuang bersama saya untuk tercapainya tujuan ini,” ujar Ananda Tohpati sekaligus mengakhiri perbincangannya dengan awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here