Rumah panggung di Kp Geugeur RT 02/05 Desa Kutawaringin Kec.Mande Kab.Cianju, nyaris rata dengan tanah akibar di lalap Si Jago Merah

Laporan : Andri Sutisna

Cianjur, metropuncaknews.com

Tiga rumah di Kp Geugeur RT 02/05 Desa Kutawaringin Kec.Mande Kab.Cianjur, hangus terbakar.  Kebakaran terjadi diduga dari konsleting listrik salah satu rumah warga, Sabtu (23/03) sekitar pukul 02.00 dini hari.

Kebakaran menghanguskan dua rumah semi permanen (panggung) milik Ade dan Dadah serta satu rumah permanen milik Kohar. Tidak ada korban jiwa pada musibah tersebut. Sedangkan kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah). Saat ini para korban yang terdiri dari 6 jiwa dari 4 kepala keluarga (KK),  mengungsi ke rumah saudaranya.

Ade (39) salah seorang korban  yang pertama mengetahui musibah ini mengatakan, api pertama kali keluar dari rumah Dadah. Hal itu diketahui, saat Ade keluar rumah karena mendengar getaran kaca dan bau benda yang terbakar.

Namun, lanjut Ade, saat ia ke luar rumah, api sudah membesar. Ade pun berteriak minta tolong hingga wara berdatang dan langsung membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Tapi api tetap membesar karena rumah yang kebakar kan rumah panggung hingga rumah hangus.

“ Warga ngak ada yang punya no pemadam kebakaran, lagi pula jalan nya kecil dan rusak, hingga mobil damkar susah masuk, yah mudah mudahan ada bantuan kepada para korban agar secepatnya rumah kami bisa ditempati kembali,” ujar Ade.

Sementara petugas Sat Pol PP Kec. Mande, Asep Suganda mengatakan, api diduga dipicu dari konsleting listrik. Saat ini PLN masih mengecek apakah api dari konsleting listrik atau bukan. Sedangkan pihak pemerintahan setempat melakukan pendataan para korban.

“ Tidak ada korban jiwa dari musibah ini hanya saja kerugian ditaksir mencapai 150 juta karena ada rumah permanen yang ikut terbakar,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here