Laporan : Sam Apip/Agus/Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com –  Jajaran pengurus Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Ciranjang, Bojongpicung dan Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat, secara serenpak melaksanakan Bimtek. Selain itu juga, mengangkat sumpah jabatan seluruh pengawas TPS. 

Menurut keterangan, hal itu dilakukan supaya seluruh pengawas TPS mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Karena pesta demokrasi yang sebentar lagi akan dilaksanakan berbeda dengan pesta demokrasi sebelumya. 

Pemilihan legislatif (Pileg) disatukan dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres). Hingga pada pelaksanaannya harus diawasi dengan kerja ektra. 

Ketua Panwaslu Kecamatan Ciranjang, Bedriyono Sugiharto menjelaskan, seluruh Panwas TPS yang ada di Kecamatan Ciranjang sebanyak 257 orang. Mereka nantinya akan bertugas di 257 TPS yang ada di 9 Desa.

Untuk itu, jauh sebelum melakukan tugasnya, seluruh Panwas TPS terlebih dahulu dibekali materi dengan cara diberi bimbingan taknis (bimtek) dan diangkat sumpah.

“ Supaya nantinya mereka mampu melaksankan tugas dengan baik dan benar, hingga pelaksanaan Pemilu terlaksana dengan baik dan kondusif sesuai harapan semua pihak,” ucap Bedriyono. 

Sementara itu, Kutua Panwaslu Kecamatan Bojongpicung Iwa Kartiwa menambahkan, Bimtek dan mengangkat sumpah janji jabatan Panwas TPS itu, merupakan suatu tahapan kerja Panwaslu Kecamatan. Karena sebelumnya seluruh jajaran Panwaslu kecamatan telah melaksanakan verifikasi penjaringan anggota Panwas TPS yang dilaksanakan di 11 desa yang ada di Kecamatan Bojongpicung. 

Dalam kurun waktu satu bulan, pihaknya mampu menjaring petugas Panwas TPS sebanyak 219 orang. Mereka itu nantinya akan bertugas menjadi pengawas disetiap TPS yang ada di Kecamatan Bojongpicung. “ Tidak hanya sampai disini, pada waktu dekat nanti seluruh Panwas TPS akan dibekali materi tentang teknis pengawasan yang baik dan benar,” ucapnya. 

Tak jauh berbeda di Kecamatan Haurwangi pun memiliki 165 orang petugas Panwas TPS yang datang dari 8 desa yang ada di Kecamatan Haurwangi. Mereka itu telah selesai dilantik dan diangkat sumpahnya. Kemudian diberi bimbingan teknis tentang pengawasan. Maka dengan dilaksanakannya pelantikan dan sekaligus Bimtek secara serentak, diharapkan, petugas Panwas TPS pada pelaksanaan pemilu nanti akan mampu menggantisipasi berbagai pelanggaran pemilu yang dilakukan para peserta pemilu maupun masyarakat. “ Intinya mampu melaksanakan tugas dengan baik dan benar,” jelas Asep Malik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here