Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Tiga Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Cianjur, sudah 6 (Enam) bulan terlantar di Agency Syarikah Annas Menpower Saudi Arabia. Hal itu dialami mereka setelah habis kontrak kerjanya. Karena itu, ketiga Migran asal Cianjur itu, berapa segera dipulangkan ke tanah air.

Menurut keterangan ke tiga migran tersebut, total keseluruhan jumlah PMI yang habis kontrak ada sekitar 50 orang. Dari jumlah tersebut ada tiga orang diantaranya adalah PMI asal Cianjur.

Saat ini mereka masih di berada Agency Syarikah Annas Menpower yang berada di Alwadi, Riyad, Saudi Arabia.

” Selama enam bulan ini mereka dikurung di Syarikah menunggu kepastian kapan dipulangkan ke tanah air. Yang lebih mirisnya lagi, perbekalan makan sehari-harinya sudah mulai habis,” terang Ali Hildan Ketua DPC Astakira Cianjur, Rabu (29/07).

Menyikapi hal itu Ali menuturkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kedubes RI yang ada di Saudi Arabia.

Menurut Kedubes, kini pihaknya sedang mengupayakan agar seluruh PMI yang sudah habis kontraknya itu bisa pulang. Namun, terkendala pihak Agency Syarikah Annas Menpower merasa keberatan untuk membelikan tiket pulang untuk para PMI itu.

” Pihak Syarikah merasa keberatan membelikan tiket, karena tiket sekarang ini lagi mahal,” jelasnya.

Padahal menurut Ali, dengan adanya permasalahan seperti itu pihak pemerintah harus hadir. Karena merupakan kewajiban negara untuk melindunginya. Apalagi menyangkut keselamatan warganya yang terlantar di negara lain.

” Ya, negara harus melindungi dan memberikan solusi supaya warganya yang sudah habis kontrak di negara lain bisa segera pulang ke negara asalnya,” tandas Ali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here