Laporan : Sandi/Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Bawaslu Kabupaten Cianjur menggelar sosialisasi produk hukum Bawaslu pada pemilihan Bupati dan wakil bupati Cianjur tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salahsatu hotel kawasan Cipanas – Puncak – Cianjur Jawa Barat, Senin (05/10).

Saat ditemui usai kegiatan berlangsung, Kordiv Penanganan dan Pelanggaran Bawaslu Cianjur, Tatang Sumarna mengatakan, ada tiga orang panwascam Sukaluyu yang diberhentikan.

“Alasan kenapa diberhentikan, ya karena  terbukti melanggar pasal 8 terkait prinsip mandiri dan pasal 15 terkait prinsip profesionalisme,” katanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, lanjut Tatang, ternyata memang terbukti adanya pelanggaran kode etik yang mereka lakukan.

” Adapun yang dilanggarnya adalah prinsip kode etik, pertama bahwa panwascam itu harus mandiri dan yang kedua mereka terbukti tidak profesional dalam menjalankan tugas,”ujarTatang.

Lebih lanjut lagi, Tatang menyampaikan, akibat perbuatannya itu ketiganya diberhentikan tetap. Sementara yang satu adalah kepala skretariat hanya diberikan surat peringatan.

” Untuk penggantinya tiga anggota Panwascam, tadi juga sudah dikukuhkan dan dilantik,” tandasnya.

Akibat perbuatan tersebut lanjut Tatang, ketiganya diberhentikan tetap. Sementara 1 orang kepala sekertariat diberikan surat peringatan.

 “ Untuk penggantinya tadi pagi sudah dilantik 3 orang anggota panwascam yang baru,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here